TNI AL Bangun Pengolahan Air Bersih di Pesisir Sumatera

Loading

kabarrakyat-co-TNIAL-250315
BENGKULU (tubasmedia.com) – Intalasi pengolahan air laut menjadi air siap konsumsi dengan sistem “reverse osmosis” di lima lokasi di pesisir wilayah Pulau Sumatera, dibangun oleh Markas Besar TNI Angkatan Laut.

Menurut Komandan Pangkalan Utama TNI AL II Padang, Laksamana Pertama I. Nyoman Nesa, pembangunan pengolahan air bersih itu untuk mendukung kinerja prajurit dan membantu masyarakat mendapatkan air bersih maka dibangun di lima titik.

Pernyataan itu disampaikan, Rabu (25/3/15) saat mendampingi Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah meresmikan olahan air bersih di Desa Malakoni, Kecamatan Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

Selain di pulau terluar Provinsi Bengkulu yakni Pulau Enggano yang dihuni lebih 2.800 jiwa, pengolahan air bersih juga dibangun di dua titik di Batam, satu titik di Anambas dan satu di Tanjung Balai Karimun.

Khusus di Bengkulu, sarana pengolahan air bersih itu dipusatkan di Desa Malakoni yang lokasinya berada di pertengahan dari enam desa yang ada di pulau berjarak 106 mil laut dari Kota Bengkulu itu.

Saat peresmian pengolahan air bersih itu, Danlantamal bersama Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah, Komandan Pangkalan TNI AL Bengkulu Letkol Laut (P) Amrin Rosihan Hendrotomo dan Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Ikhsan Fajri serta Bupati Bengkulu Utara Imron Rosyadi meminum langsung air olahan itu.

Koordinator Kepala Suku Enggano Harun Kaharuba mengatakan program air bersih yang dibangun TNI AL itu sangat membantu 2.800 jiwa penduduk di pulau terluar tersebut. (ril/marto)

CATEGORIES
TAGS