Tukang Bangunan di Malang Ikuti Pelatihan

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

MALANG, (TubasMedia.Com) – Untuk meningkatkan mutu para tukang, Bagian Pembangunan Sekretariat Kota Malang menggelar pelatihan dan sertifikasi tenaga tukang bangunan. Pelatihan yang bekerja sama dengan PT Semen Gresik dan VEDC Kota Malang itu digelar di Gedung Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) VEDC Kota Malang, Rabu dan Kamis (27-28/3).

Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Kota Malang, Dra. Anita Sukmawati, mengungkapkan, pelatihan dan sertifikasi tenaga tukang bangunan diikuti sebanyak 114 peserta. Mereka berasal dari berbagai kelurahan di Kota Malang.

‘Kami berharap dengan adanya pelatihan ini tukang bangunan di Kota Malang mampu bersaing pada era global,” kata Anita.

Peserta yang lulus dalam pelatihan mendapat sertifikat, yang bisa menjadi garansi kemampuan yang bersangkutan menjadi tukang bangunan, yang tidak perlu diragukan.

Materi yang diberikan dalam pelatihan meliputi memasang bata, memasang keramik, mendirikan kusen, mendirikan bekisting kolom, dan membuat beugel pembesian.

Kasi penyelenggara pelatihan VEDC Kota Malang, Drs. Haryono, MM mengatakan, pelatihan hari pertama diisi dengan pemberian teori dalam pertukangan. Memasuki hari kedua peserta menjalani tes teori, praktik pasang bata, keramik, mendirikan kusen, mendirikan kolom dan membuat beugel pembesian, serta tes wawancara.

“Penilaian dilakukan oleh para penguji yang memiliki sertifikat asesor dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Nasional di mana VEDC Malang memiliki 30 asesor bersertifikat LPJK,” tegas Haryono. (yusron)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS