Tumbuh Kembang Sebuah Bangsa

Loading

Oleh: Fauzi Azis

ilustrasi

ilustrasi

MENJADI sebuah harapan bahwa bangsa Indonesia menghendaki agar kehidupan berbangsa tumbuh dan berkembang dengan proses yang benar. Bak ingin hidup seribu tahun lagi, proses penumbuhan sebuah bangsa untuk berkembang menjadi bangsa yang maju, punya jati diri dan harga diri adalah menjadi cita-cita bersama untuk diwujudkan.

Proses tumbuh dan kembangnya sebuah bangsa sangat tergantung pada pemupukan dan cara perawatannya. Kalau salah melakukannya, maka dia akan layu sebelum berkembang dan akhirnya mati. Sebagai bangsa yang berdaulat dan hidup dalam suasana yang demokratis, pemupukan yang benar adalah melalui pendidikan berkelanjutan, baik secara formal maupun informal.

Tidak cukup melalui pendidikan saja, namun perlu melakukan proses pembelajaran dan mau menimba pengalaman dari bangsa lain serta mampu membaca sejarah masa lalu tentang hakekat sebuah kemajuan, kemandekan atau bahkan kegagalan dari sebuah perjalanan hidup suatu bangsa.

Mendalami kenapa hal yang seperti itu terjadi dan memahami kenapa kemudian mereka dapat keluar dari segala macam bentuk hambatan dan akhirnya menjadi bangsa yang maju dan tinggi peradabannya adalah sesuatu yang penting untuk dikerjakan. Pendidikan dan pembelajaran bukan satu-satunya cara menjadi bangsa yang tumbuh, berkembang dan maju.

Banyak faktor yang secara langsung atau tidak langsung dalam prosesnya. Moralitas adalah akarnya. Sehebat apapun kemajuan yang dicapai dalam bidang sain dan teknologi, kalau moralitasnya keropos, kemajuan di bidang tersebut hanya akan mendatangkan malapetaka dan bencana.

Agresi militer akan menjadi tontonan sehari-hari bila kemajuan di bidang sain dan teknologi digunakan salah akibat nilai moralitasnya keropos. Tumbuh dan berkembangnya sebuah bangsa memerlukan kepemimpinan yang kuat dan bermoral, serta dimanajemeni dengan baik yang tunduk pada kaidah moralitas, efisiensi, efektifitas, transparan dan akuntabel.

Slogan save our nation pantas untuk terus diingat karena kita tidak ingin bangsa ini runtuh karena ulah sebagian dari warga negara yang moralnya bejat. Evolosi untuk menjadikan bangsa ini semakin bermartabat adalah cara yang paling tepat menggapai cita-cita kebangsaan yang luhur.

Progam lompatan jauh ke depan memang patut dilaksanakan negeri ini, tetapi akan lebih bijaksana jika yang kita lakukan adalah proses yang bersifat gradual tetapi arahnya jelas dan terukur. Berproses secara evolotif jauh lebih baik daripada memilih berproses secara revolotif.

Menjadi bangsa yang mampu tumbuh dan berkembang sehingga bertransformasi mejadi bangsa yang dewasa adalah menjadi pilihan hidup kita bersama karena setelah merdeka dan berdaulat, pilihan yang ada hanyalah itu,yaitu menjadi bangsa yang bermoral, maju, bermartabat dan berperadaban.

Kreatifitas dan inovasi juga diharapkan terbentuk di kalangan birokrasi. Kehendak kita sebagai bangsa agar bisa berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia hanya akan terjadi bilamana pemerintah dan masyarakatnya kompak untuk maju bersama membangun Indonesia yang bermartabat dan beradab. ***

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS