USB Selenggarakan Orientasi Mahasiswa Baru

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

SURAKARTA, (TubasMedia.Com) – Orientasi mahasiswa baru di Universitas Setia Budi (USB) lebih dikenal dengan nama PPSPP MOSIMABA (Pengenalan Program Studi dan Program Pendidikan Masa Orientasi Mahasiswa Baru), tahun ini dilaksanakan selama tiga hari (6-8 September 2012) di kampus USB, dengan tema ”MENGGALI POTENSI DIRI, MEWUJUDKAN GENERASI PENERUS BANGSA YANG PROFESIONAL DI BIDANG AKADEMIK DAN NON AKADEMIK”.

Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa mampu bekerja sama, kritis, dinamis, fleksibel, produktif, kreatif, inovatif dan berjiwa sosial. Melalui PPSPP MOSIMABA ini pula mahasiswa akan lebih mengenal tentang program studi dan program pendidikan yang akan dijalani selama masa perkuliahan nanti.

PPSPP MOSIMABA USB semakin berkualitas dan jauh dari kegiatan perpeloncoan fisik. Bahkan, panitia diharuskan berkonsultasi dengan ketua umum tentang tugas-tugas yang akan diberikan kepada peserta. Jadi, segala bentuk kegiatan PPSPP MOSIMABA adalah atas sepengetahuan ketua umum, apalagi setiap tahun pihak USB selalu melibatkan kurang lebih 10 orang tua mahasiswa baru, sebagai pengawas. Jadi. baik mahasiswa baru maupun orang tua tidak perlu khawatir dengan sistem orientasi yang ada di USB, demikian disampaikan oleh Wakil Rektor III Narimo, ST., MM.

Ia juga berharap, melalui PPSPP MOSIMABA ini mahasiswa mampu beradaptasi lebih cepat dengan keluarga besar civitas akademika, sehingga proses adaptasi kehidupan akademik di perguruan tinggi, bisa segera tercapai, dan mahasiswa baru lebih siap untuk mengikuti proses pembelajaran pendidikan tinggi yang berbasis otonomi keilmuan serta segera dapat berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan.

Pada kesempatan yang sama, Fransiska Leviana, M.Sc., Apt, sebagai Ketua Umum PPSPP MOSIMABA 2012 mengatakan, rangkaian kegiatan PPSPP MOSIMABA diisi dengan kuliah perdana Rektorat, beberapa kuliah umum serta seminar kebangsaan dan seminar motivasi.

Semuanya untuk mempersiapkan mahasiswa dalam beradaptasi dengan lingkungan kampus, baik lingkungan fisik, maupun lingkungan budaya yang berhubungan langsung dengan mahasiswa. Sehingga, nantinya mahasiswa dapat mengemban tugas masa depan untuk menciptakan masyarakat yang sistematis, rasional, konseptual dan beradab.

Ditambahkan juga dalam rangkaian PPSPP MOSIMABA 2012, semua mahasiswa baru diwajibkan mengikuti outbond dan ini telah dilaksanakan hari Selasa (4/9). Joko Dwi Nugroho M.Psi selaku Ketua Panitia Outbound mengatakan, dengan mengikuti kegiatan outbound, mahasiswa dapat mengenal lebih dekat satu sama lain, belajar bekerja sama dan belajar memberi kepercayaan kepada orang lain, serta dapat mangasah otak dan fisik, secara seimbang.

Rangkaian PPSPP MOSIMABA ditutup dengan malam inaugurasi, di mana selain merupakan malam pengakraban juga merupakan wahana untuk menampilkan ide-ide kreatif para mahasiswa baru, sekaligus menjaring bibit-bibit baru yang berbakat. (marga)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS