USB Surakarta terapkan Sisem Penjaminan Mutu Internal

Loading

Laporan: Redaksi

ilustrasi

SURAKARTA, (tubasmedia.com) – Dalam upaya mewujudkan visi, melaksanakan misi serta mencapai tujuan, Universitas Setia Budi (USB) telah menetapkan dan menerapkan sistem penjaminan mutu internal yang berrencana, berkelanjutan dan terintegrasi secara penuh pada semua lini dan bidang terkait. Dalam penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal, USB telah mengembangkan dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal yang meliputi kebijakan akademik, standar mutu, peraturan akademik, manual mutu, manual prosedur dan instruksi kerja.

Standar Mutu merupakan landasan bagi penyusunan rencana dan pelaksanaan kegiatan akademik serta sebagai dasar pengembangan program, sumber daya, prosedur kegiatan dan evaluasi akademik. Dari standar mutu tersebut diturunkan menjadi sasaran mutu. Sasaran mutu merupakan target-target yang ingin dicapai untuk kurun waktu satu tahun akademik.

Model Sistem Penjaminan Mutu Internal yang menganut Rencanakan-Lakukan-Periksa-Tindak Lanjuti (Plan-Do-Check-Action, PDCA) mengharuskan adanya evaluasi ketercapaian sasaran mutu dan tindak lanjut dari evaluasi tersebut dalam wujud perumusan sasaran mutu yang baru. Dengan berakhirnya pembelajaran ahun ajaran 2013/2014, USB mengadakan Lokakarya Evaluasi Ketercapaian Sasaran Mutu tahun 2013 dan Perumusan Sasaran Mutu Tahun 2014 pada 2 September 2014 di Gedung A kampus USB.

Lokakarya yang dihadiri oleh segenap pejabat di lingkungan USB dibuka Dra. Peni Pujiastuti, M.Si, Wakil Rektor I Bidang Akademik USB. Juga dilakukan pembahasan evaluasi ketercapaian sasaran mutu tahun 2013 oleh Ig. Yari Mukti Wibowo, M.Sc, Ketua Badan Penjaminan Mutu USB. Dari hasil evaluasi ketercapaian sasaran mutu ahun 2013, tiap unit diminta untuk merumuskan sasaran mutu tahun 2014. Output dari lokakarya tersebut sasaran mutu tahun 2014 yang merupakan penyempurnaan dari sasaran mutu tahun 2013.

Sasaran Mutu Tahun 2014 mempunyai target yang lebih tinggi bila dibanding dengan sasaran mutu tahun 2013. Dengan begitu prinsip Kaizen yang bermakna proses penyempurnaan terus menerus tiada henti dapat terwujud. (rel/sis)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS