Waduk Ciawi Telan Rp1,2 Triliun

Loading

101014-usaha2

BOGOR, (tubasmedia.com) – Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memastikan dana waduk Ciawi sebesar Rp 1,2 triliun untuk Kabupaten Bogor akan cair pada tahun 2015. Dana tersebut untuk membebaskan lahan dan membangun waduk sebagai upaya mengurangi banjir kiriman dari hulu.

“Kami sudah siapkan 1,2 triliun. Itu nanti 2015. Ya buat pembebasan lahan dan bangun waduk Ciawi,” kata Ahok kepada wartawan saat kegiatan off-air Mata Najwa di Gedung Graha Widya Wisuda, Institut Pertanian Bogor (IPB), belum lama ini.

Tidak hanya itu, Ahok juga berjanji akan mengucurkan dana untuk Kota Bogor guna mendukung dana infrastruktur. “Kota Bogor sama dengan tahun depan, kisarannya Rp 50 miliar hingga Rp 100 miliar. Itu untuk membangun infrastruktur yang akan menunjang Jakarta,” katanya.

Sebelumnya Ahok mengungkapkan dana sekitar Rp 1,2 triliun diusulkan dalam Rancangan APBD (RAPBD) DKI 2015. “Kami sudah bertemu dengan Pemerintah Kabupaten Bogor terkait pembebasan lahan untuk pembangunan waduk Ciawi. Akan ditanggung Pemprov DKI,” ujarnya.

Menurut Ahok, pembangunan Waduk Ciawi yang terletak di Bogor itu memang akan dilakukan Pemprov DKI Jakarta yang juga bekerjasama dengan Pemkab Bogor serta Pemprov Jawa Barat. Sebab waduk Ciawi bisa menampung air hujan sehingga mengurangi potensi banjir di Ibu Kota Jakarta akibat kiriman air dari hulu (Bogor).

Ahok menyakini pembangunan waduk Ciawi dapat meminimalisir banjir dengan menampung air hujan terutama yang berasal dari Bogor. Bogor berperan penting dalam mencegah dan mengendalikan banjir di Jakarta karena merupakan daerah hulu dan juga termasuk daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung.

Pada saat yang sama wakil Bupati Bogor Nurhayanti mengatakan bantuan tersebut akan dimanfaatkan untuk menambah biopori dan bioretensi, pembersihan lahan serta penghijauan. Pengendalian banjir di daerah hulu (Bogor) tepatnya pada aliran atas (upstream) akan dilakukan di Cisarua, Megamendung dan Ciawi. (syamsul)

CATEGORIES
TAGS