Wou… Keterlibatan Sutan Bathoegana Akan Dibeberkan

Terbit 6 September 2012 - 09:10 WIB | Dibaca : 706 kali

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

JAKARTA, (TubasMedia.Com) – Jacobus Purwono, tersangka kasus korupsi proyek pengadaan dan pemasangan solar home system (SHS) Kementerian ESDM tahun 2007 dan 2008 berjanji membeberkan dugaan keterlibatan Ketua Komisi VII DPR RI, Sutan Bhatoegana, di pengadilan.

“Kalau substansi nanti di pengadilan saja,” terang Jacobus usai menjalani pemeriksaan lanjutan di kantor KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan (Rabu (5/9).

Mantan Dirjen listrik dan Pemanfaatan Energi Kementerian ESDM itu, Rabu menjalani pemeriksaan sejak pagi dan baru selesai digarap penyidik KPK sekitar pukul 14.00 Wib. Mengenakan baju batik yang dibalut baju tahanan KPK ini, dia memilih bungkam seraya berjalan menuju mobil tahanan.

Berbeda dengan Jacobus, Kosasih yang hari yang sama juga diperiksa dalam kasus yang sama, justru tak mau berkomentar soal dugaan keterlibatan Sutan Bhatoegana, mantan Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel), Wisnu Subroto dan Komjen (Pol) Gories Mere, anggota Polri yang kini bertugas sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam kasus yang membuat kerugian negara sebesar Rp 131,2 miliar itu.

“Dari pak Purwono saja kan sudah cukup,” kata Kosasih di tempat yang sama. Kosasih sendiri merampungkan pemeriksaan tak lama berselang kepergian Jacobus dari gedung KPK, Jakarta.

Terkait pengembangan kasus ini, KPK telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap Sutan Bhatoegana. Sedianya dia akan diperiksa sebagai saksi pada Jumat lalu (31/8). Tapi, dia mangkir dengan alasan sedang berada di Daerah Pemilihan (Dapil) di Sumatra Utara (Sumut). Sementara, untuk Wisnu Subroto, dan Komjen (Pol) Gories Mere, KPK belum menjadwalkan pemeriksaan.

Nama Sutan Bhatoegana, Wisnu Subroto dan Gories Mere pertama kali disebutkan terlibat oleh Sofyan Kasim, penasehat hukum terdakwa Ridwan Sanjaya. Ketiga nama itu, menurut Sofyan, juga telah tertulis dalam Berkas Acara Pemeriksaan (BAP) Ridwan, namun jaksa KPK tidak menyampaikannya secara tegas dalam berkas dakwaan pada persidangan beberapa waktu lalu. (red)

Tweets

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

HTML tags are not allowed.

Copyright © 2011-2012 TubasMedia.com - All Rights Reserved - Berita Terkini - Profil - Info Iklan - Feed Berita - Feed Komentar - Go Mobile
Facebook button Twitter button RSS button