BPPI Bersama Lima Perusahaan Teken MoU

BANDUNG, (tubasmedia.com) – Keberadaan Balai Besar di bawah naungan Kementerian Perindustrian tidak lagi hanya dikenal sebagai salah satu unit litbang dan pelayanan publik semata.

‘’Akan tetapi juga tampil dan berperan sebagai salah satu institusi yang ikut berjuang membangun bangsa melalui pengembangan sektor industri,’’ kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara, pada acara Bandung Riset Expo (BandREx) 2019 di Bandung, Jawa Barat, Kamis (8/8).

Sebelumnya dilakukan penandatanganan memorandum of understanding  (MoU) antara Balai Besar dengan lima perusahaan sebagai tindak lanjut hilirisasi hasil penelitian, pengembangan dan perekayasaan (litbangyasa) industri.

MoU pertama dilakukan antara Suzuki Indomobil Motor Suplier Club dengan Balai Besar Barang dan Bahan Teknik (B4T), Balai Besar Pulp dan Kertas ( BBPK), Balai Besar Logam dan Mesin (BBLM) dan Balai Besar Tekstil (BBT).

MoU kedua dilakukan PT Quatra Inti Karya dengan BBLM, terkait kerja sama litbang mesin pengolahan garam.

“Ketiga, kerja sama CV Geochem Bioindustri Mandiri dengan BBLM mengenai litbang energi baru terbarukan,” kata Ngakan.

Selanjutnya, MoU keempat dilakukan PT Bina Bangun Wibawa Mukti dengan BBLM lewar kerja sama reverse engineering peralatan dan komponen kilang LPG.

MoU terakhir ditandatangani PT Trigunapratama Abadi dengan BBPK, yakni kerja sama litbang dalam peningkatan SDM serta pengelolaan lingkungan. (sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar