Buntut Pendanan Ratna Sarumpaet ke Chilie, DPRD akan Panggil Anies Baswedan, Guntur; “Emang Ratna Siapa?”

JAKARTA, (tubasmedia.com) – DPRD DKI Jakarta mengkritik uang Rp 70 juta yang dikeluarkan Pemprov DKI Jakarta untuk Ratna Sarumpaet. Kritikan ini datangnya dari sejumlah legislator di Kebon Sirih.

Ketua komisi A DPRD DKI Jakarta, Wiliam Yani menyebut, menurut aturan Pemerintah daerah tak bisa memberi dana daerah kepada perorangan. Uang tersebut bisa dikeluarkan kepada lembaga atau organisasi, bukan atas nama perorangan.

“Tidak bisa diberikan perorangan harus melalui institusi misalnya instansi kesenian, agama, LSM. jarang – jarangkan ini, apa istimewanya, dia diberikan khusus,” kata Wiliam saat dihubungi wartawan Jumat (5/10/2018).

Senada dengan William, ketua fraksi PDI Perjuangan Gembong Warsono menilai, perjalanan Ratna ke Chile tidak berkaitan dengan Pemprov DKI.

Menurutnya pemberian dana sponsor ke Ratna sebesar Rp70 juta itu juga tidak terencana di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Padahal kata Gembong, dana yang yang diambil dari APBD harus sudah direncanakan SKPD terkait.

“Prinsipnya itu. Sementara kegiatan membiayai Ratna Sarumpaet tidak masuk dalam anggaran APBD. Sementara APBD dikeluarkan untuk itu. Yang pasti, kalau yang saya tangkap itu bukan kepentingan Pemprov DKI Jakarta,” tegas Gembong.

Berbeda dengan Gembong, anggota DPRD dari fraksi Hanura Muhammad Guntur, mengaku ‘mencium’ adanya niatan Anies untuk menyelundupkan Ratna Sarumpaet ke Chili.

Dia pun meminta agar, DPRD Jakarta untuk memanggil Gubernur Jakarta Anies Baswedan secepatnya.

“Ini masalah besar. Kita akan panggil Gubernur untuk diminta keterangannya,” kata Guntur.

Dia juga menilai fasilitas terhadap Ratna Sarumpaet oleh Anies merupakan suatu kecerobohan dan kesalahan besar.

“Keistimewaan dan siapa emangnya Ratma Sarumpaet, sampai-sampai Pemprov DKI harus membiayai perjalanannya ke Chili,” tanya Guntur.

Lebih lanjut ia pun mempertanyakan, apa keuntungannya bagi warga Jakarta dengan mengirim Ratna Sarumpaet, lagi Guntur menegaskan Gubernur Anies harus bisa mempertangungjawabkannya kepada masyarakat Jakarta.

“Apa untungnya bagi warga Jakarta katika duitnya digunakan untuk Ratna Serumpaet ke Chili,” pungkasnya. (red)

Berita Terkait

Komentar

Komentar