“Charging Station” Mobil Listrik Dimana?

TANGERANG, (tubasmedia.com) – Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie D Sugiarto, mengatakan kehadiran mobil listrik saat ini sudah ngetrend di seluruh dunia.

‘’Karena itu, Indonesia tidak boleh tidak, harus mengikuti trend tersebut. Kalau tidak, industri otomotif nasional akan tertinggal jauh,’’’ kata Jongkie saat menutup seminar GAIKINDO di ICB, BSD, Tangerang, kemarin.

Untuk itu disebut, masalah pokok yang dihadapi saat ini adalah soal infrastruktur sekitar pengisian arus listrik. ‘’Charging station-nya yang harus dipersiapkan,’’ katanya.

Disebut, bisa saja para pengelola super market, swalayan, hotel atau rumah sakit menyisihkan sedikitnya satu % dari lahan mereka untuk dijadikan charging station mobil listrik.

Pemiliknya bisa saja berinvestasi di atas lahan mereka sendiri dengan menyiapkan peralatan charger dan menyiapkan arus listrik. Pemilik mobil nantinya akan memilih areal yang sudah menyiapkan infrastruktur dan mereka menjadi konsumen, misalnya manjadi belanja di super market itu, menjadi tamu hotel tersebut dan berobat ke rumah sakit tersebut karena ngecas mobil sudah ada di sana.

Bantuan dari pemerintah bisa dalam kaitannya membebaskan bea masuk peralatan impor yang dibutuhkan.

Kalau sudah demikian, akan saling menguntungkan. (sabar)

 

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar