Debat Capres Gunakan Bahasa Inggris, Airlangga: Jangan Khianati Sumpah Pemuda…

JAKARTA,(tubasmedia.com) –  Usulan kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk memakai bahasa Inggris dalam debat Capres-Cawapres ditanggapi dingin Ketua Umum partai Golkar Airlangga Hartarto.

Airlangga menilai usulan sangat tidak masuk akal. Sebab saat masa perjuangan para pemuda bersatu dengan mengelorakan semangat berbahasa satu, bahasa Indonesia dalam Sumpah Pemuda.

“Jadi itu harus diingat dan harus menjadi catatan penting dan jangan dikhianati,” ujar Airlangga di Hotel Bidakara, Jakarta, Sabtu (15/9).

Menteri Perindustrian ini juga memberikan pengalamannya saat menghadiri sejumlah pertemuan bilateral.

Dalam pertemuan itu, masing-masing kepala negara menggunakan bahasa mereka sendiri dalam penjajakan kerjasama. Contohnya saat pertemuan bilateral Korea Selatan dengan Tiongkok.

Hal ini jugalah yang membuat usulan debat menggunakan bahasa asing terasa aneh dan lucu. Apalagi debat dilakukan di Indonesia yang tidak menganggap bahasa Inggris sebagai bahasa resmi.

“Jadi agak lucu kalau kita kampanye atau debat menggunakan bahasa Inggris, macam kita di Inggris saja. Kita ini di Indonesia, bahasa Indonesia,” cetusnya. (red)

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar