DPR: Pansel KPK Jangan Orang Lama !

297059_usai-di-lantik--plt-JAKARTA, (tubasmedia.com) – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat akan mengundang Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi yang nama-namanya saat ini sedang digodok di Sekretariat Negara.

Anggota Komisi III DPR, Ruhut Sitompul mengatakan undangan tersebut dilakukan karena melihat sejumlah nama-nama calon anggota Pansel KPK didominasi oleh orang lama.

“Karena kami melihat sebagian dari pansel itu pansel yang dulu. Sebenarnya aku enggak mau ada pansel yang dulu masuk ke dalam. Karena mereka adalah biang kerok terpilihnya Abraham (Abraham Samad) dan Bambang (Bambang Widjojanto),” kata Ruhut saat dihubungi wartawan di Jakarta, Selasa (19/5/2015).

Dia mengatakan, pihak yang mendaftarkan sebagai calon anggota pansel seharusnya malu kembali mencalonkan sebagai anggota. Ruhut mengaku menginginkan Pansel Pimpinan KPK adalah wajah-wajah baru.

“Yang aku mau tidak ada pansel yang lama. Ada aku lihat yang dari akademisi yang tidak pantas. Seperti Imam Prasojo. Bukan orang hukum tapi sok ngomong hukum,” ujarnya.

Politisi Partai Demokrat itu tak mempermasalahkan latarbelakang anggota Pansel KPK baik akademisi maupun Lembaga Swadaya Masyarakat. Yang jelas menurutnya, pansel harus diisi orang yang berintegritas.

“Background apapun boleh, tapi punya keahlian. Yang penting bukan orang yang buat masalah jadi keruh. Orang-orang yang jadi pansel harus orang yang nothing to lose. Siapapun dia,” pungkasnya.

Diketahui, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan saat ini Presiden Joko Widodo sudah menerima banyak usulan terkait nama-nama calon anggota Tim Panitia Seleksi Komisioner KPK.

“Persiden sudah menerima banyak usulan dari berbagai pihak. Nama-namanya ada puluhan,” ujar Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (18/5/2015. (nisa)

Berita Terkait

Komentar

Komentar