Elit Demokrat Milih Prabowo, Akar Rumput Milih Jokowi…

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Sosok Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Soekarwo menarik perhatian publik jelang Pilpres 2019. Di saat Demokrat sudah menyatakan berkoalisi dengan Partai Gerindra, Soekarwo seolah mbalelo.

Pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu mengungkapkan aspirasi akar rumput Demokrat di Jawa Timur berbeda dengan sikap partai yang menyatakan mendukung Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

Soekarwo mengungkapkan suara akar rumput dari Demokrat Jatim sebagian besar mendukung Joko Widodo (Jokowi). Dia mengatakan aspirasi itu memang berbeda dengan para pengurus Demokrat.

“Kalau di Jawa Timur itu sebagian besar ke Pak Jokowi, nomor 2 ke Pak Prabowo itu pengurus. Itu sesuai dengan surat edaran DPP dalam rangka DPP ingin melihat sebetulnya pandangan pengurus sampai dengan kabupaten/kota,” kata Soekarwo di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (2/8) kemarin.

Saat dikonfirmasi soal pernyataan tersebut, Soekarwo mengatakan hal tersebut bukan pendapat pribadinya. Gubernur Jatim itu mengatakan aspirasi akar rumput Demokrat Jatim yang mendukung Jokowi diketahui lewat polling yang dilakukan.

Dia menjelaskan polling tersebut merupakan perintah DPP yang ingin menghimpun suara dari tiap DPD. Soekarwo hanya menyampaikan fakta hasil polling.

“Kita kan menjelaskan hasil setelah ditanya dari hati masing-masing. Itu kan nggak tahu mereka itu nulis di kertas dengan sangat demokratis. Ada yang setuju ini, ada yang setuju itu, bahkan ada secara alternatif pilihan ketiga,” ungkapnya saat ditemui seusai rapat paripurna di gedung DPRD Jatim, Jalan Indrapura, Surabaya, Jumat (3/8/2018).

Soekarwo mengatakan data yang disampaikannya sangat terorganisasi dan memenuhi prosedur dari DPP. Tak hanya di Jatim, suara dukungan untuk Jokowi ini juga ditemui di beberapa daerah lain.

“Itu pun sudah secara terorganisasi dan hasilnya seperti itu. Di daerah lain juga begitu,” tambahnya.

Sebelumnya, Soekarwo pernah mendorong majelis tinggi partai mempertimbangkan dukungan untuk Jokowi di Pilpres 2019. Pasalnya, Gubernur Jatim terpilih Khofifah Indar Parawansa sudah mendukung Jokowi. (red)

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar