Faktor ‘X’ pengaruhi Pertumbuahan Pasar Mobil Nasional

pasar-mobil

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Meskipun harga BBM jenis premium turun, pasar mobil nasional pada 2015 diprediksi tetap berat. Apa alasanya ? “Pada pasar mobil nasional masih ada faktor ‘X’ lain yang mempengaruhinya,” kata Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Johnny Darmawan di Jakarta, Kamis (01/01/2015).

Diakui Johny harga bahan bakar kerap dikaitkan dengan pertumbuhan ekonomi. Namun, penurunan premium yang terjadi saat ini sebagai hukum alam karena penurunan harga minyak mentah di pasar global.

Pertumbuhan mobil nasional akan tetap turun, tambah Johny karena faktor kredit, BI rate masih tinggi sebesar 7,75 persen. Pemerintah mengharapkan masyarakat tidak terlalu konsumtif. “Faktor ini menjadi salah satu faktor utama mengapa saat ini sulit berjualan mobil” katnyaa.

Menurut Johny beberapa tahun sebelumnya pasar mobil nasional bisa melesat karena faktor pendukungan bunga murah, rupiah menguat, dan daya beli masyarakat membaik.”Tahun depan pasar (mobil) flat (1,2 juta unit). Tapi, masih banyak faktor yang tidak bisa diduga terjadi” katanya

Dengan penghapusan subsidi BBM, Johnny berharap pemerintah bisa lebih cepat mendorong infrastruktur dengan pengalihan dana subsidi . Infratsruktur digalakkan maka pertumbuhan ekonomi akan menjadi lebih baik. (siswoyo)

Berita Terkait

Komentar

Komentar