Gaikindo: Kami tidak Pernah Diajak Bicara Soal Mobil Desa!!!

11

JAKARTA, (tubasmedia.com)  -Mobil desa saat ini sedang digagas oleh pemerintah lewat Kementerian Perindustrian, kalangan akademisi otomotif. Namun dari sisi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menganggap mobil desa ini belum bisa dibuat secara besar-besaran.

Apa sebab? Karena antara satu desa dan desa lainnya memiliki spesifikasi kendaraan yang berbeda. Misalnya saja kondisi jalan, belum tentu semua jalan di Indonesia memiliki akses yang sama.

“Karena spesifik masing-masing daerah beda ketentuannya jadi nggak bisa di bawa ke skala industri, volumenya kecil,” kata Ketua Umum Gaikindo, Johannes Nangoi di Jakarta.

Meski begitu, pihaknya tidak menutup kemungkinan jika mobil desa dibuat oleh suatu perusahaan dan ingin bergabung ke asosiasi seperti Gaikindo.

“Kalau yang namanya industri, Gaikindo itu kan industri, kalau ada perusahaan bikin mobil desa misalnya di Medan, suatu saat dia mau ikut asosiasi bisa kita pikirin,” tutur Nangoi.

Hingga saat ini kata Nangoi, Gaikindo belum diajak pemerintah untuk membicarakan lebih jauh soal mobil desa. “Nggak ada diajak bicara. Kita nggak pernah itu bedain mobil desa dan mobil kota,” jelas Nangoi. (red)

Berita Terkait

Komentar

Komentar