Impor Beras Menunggu Panen Raya ?

1rIGaC0Lr4
JAKARTA, (tubasmedia.com) – Impor beras merupakan pilihan terakhir pemerintah dalam mengamankan pasokan dan menstabilkan harga. Alasanya ? Kemendag masih menunggu panen raya beras nasional pada bulan Juli 2015.

Mendag meminta masyarakat tidak perlu khawatir karena saat ini stok beras masih dalam kondisi aman dan terkendali. “Saat ini, kami pastikan stok beras dalam kondisi aman dan harga terkendali,” kata Rahmat Gobel , Minggu (10/5/2015).

Menurut Rahmat jika panen raya bulan Juli mendatang mampu memenuhi pasokan beras dan membuat harga stabil, maka impor beras tidak akan dilaksanakan.Pemerintah masih berusaha agar tidak tergantung pada impor. Dengan membatasi impor, pemerintah dapat mencapai swasembada pangan dan mendorong peningkatan perekonomian petani.

Kementerian Pertanian dan Badan Urusan Logistik (Bulog) saat ini sedang melakukan verifikasi data terkait stok beras nasional. Dengan mendapatkan data akurat pemerintah bisa mengambil kebijakan yang tepat untuk mengamankan ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga pangan di pasar.

Kemendag akan melakuan operasi pasar di berbagai daerah. Diharapkan dengan kebijakan itu maka tak akan terjadi kekurangan beras dan tak akan terjadi lonjakan harga.(siswoyo)

Berita Terkait

Komentar

Komentar