Indonesia Lirik Afsel Sebagai Pasar Produk Elektronik

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Indonesia kini sedang melirik Afrika Selatan (Afsel) sebagai tujuan ekspor produk-produk  elektronik. Negeri ini dipandang sangat potensial dijadikan tujuan pasar ketimbang negara-negara di belahan Barat.

Hal itu dikatakan Direktur Industri Elektronika dan Telematika, Kementerian Perindustrian, Janu Suryanto kepada wartawan di Jakarta kemarin.

Guna mendukung rencana pengembangan pasar tersebut, Janu mengatakan, pihaknya berencana untuk lebih dulu menyelenggarakan pameran produk-produk elektronika dan telematika buatan Indonesia di negeri hitam tersebut.

Janu yakin, Indonesia akan berhasil tembus di Afsel mengingat pesaing Indonesia di negeri tersebut, khususnya produk-produk elektronika dan telematika, hampir tidak ada.

Beda jika Indonesia masuk ke pasar-para negara di bagian Barat, persaingannya sangat ketat, dimana Indonesia masih perlu bebenah diri agar produk elektroniknya bisa memasuki pasartersebut.

‘’Pokoknya, kita berencana mau landing di Afrika, kita sudah siap untuk itu,’’ tegas Janu.

Ditanya tentang upaya memajukan industri elektronika di dalam negeri, Janu menyebut perlu dipikirkan peremajaan atau restrukturisasi mesin-mesin pemroduksi barang-barang elektronika.

Selama ini, kata Janu, bantuan mesin produksi elektronika hanya dipakai sebagai alat pendidikan di sekolah-sekolah. Mesin-mesin tersebut katanya, sebaiknya dijadikan juga sebagai alat produksi sehingga keberadaan mesin dimaksud tidak mubazir dan dapat menghasilkan. (sabar)

 

 

 

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar