Industri Perikanan Nasional Perlu Penanganan Serius

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Pengamat industri perkapalan nasional, Soerjono membantah tuduhan yang mengatakan, jumlah kapal penangkap ikan di Indonesia sangat minim membuat jumlah tangkapan ikan terbatas, yang akhirnya industri pengalengan ikan kesulitan bahan baku ikan.

‘’Jumlah kapal penangkap ikan kita cukup dan berada dalam jumlah yang banyak. Minimnya tangkapan ikan disebabkan banyak diantara kapal itu yang tak melaut karena tidak memiliki alat tangkap yang sesuai aturan,’’ kata Sorjono, kemarin di ruang kerjanya.

Sebelumnya kepada Soerjono ditanyakan komentarnya atas keluhan pelaku industri pengalengan ikan yang kesulitan bahan baku ikan karena tiadanya kapal untuk menangkap ikan.

‘’Itu tidak benar. Yang benar adalah banyak diantara kapal tak memiliki alat tangkap yang sesuai dengan keinginan Kementerain Kelautan dan Perikanan (KKP),’’ jawab Soerjono.

Selanjutnya dikatakan bahwa industri perikanan, jika dikelola dan dikerjakan serius, sektor ini akan tampil menjadi sektor yang mampu menghela perekonomian nasional.

Pengelolaan industri perikanan menurutnya masih jauh dari sempurna dan perlu ditangani maksimal. Disebut misalnya, perlu dibangun cold storage di setiap pelabuhan dalam jumlah yang tak terbatas sehingga ikan hasil tangkapan nelayan bisa langsung disimpan di kamar pembekuan dan ikan menjadi bisa bertahan lama.

Kalau kamar pembekuan ikan itu sudah tersedia, para nelayan tidak perlu khawatir lagi menangkap ikan dalam jumlah yang banyak karena sudah tersedia cold storage-nya.

‘’Jika cold storage itu sudah tersedia dampaknya yang pertama adalah, kerugian para nelayan akan dapat ditekan,’’ katanya.

Dampak positif lainnya, kata Soerjono, akan terjadi multiplayer efek dimana akan tumbuh sejumlah industri mesin pendingin, industri peralatan pendingin, industri komponen, industri peralatan sebagai mobilitas, industri kapal juga akan bekembang berikut komponennya.

Belum lagi katanya, industri pengolahan ikan, industri pembuat alat penangkap dan industri alat angkut ikan itu akan tumbuh berkembang.

‘’Yang penting sekarang, industri ini  harus dikelolal secara serius, tidak bisa lagi dengan cara yang ada sekarang. Kalau serius dikembangkan, berapa nilai transaksi yang berputar setiap saat di sektor industri perikanan dan pasti akan mensejahterakan rakyat Indonesia,’’ tegasnya. (sabar)

 

 

 

 

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar