Jika Smartwatch Menjelma Jadi Smartphone

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Sebuah paten memperlihatkan perangkat layar lipat anyar. Kali ini dari IBM, dalam bentuk smartwatch yang bisa berubah jadi seukuran smartphone bahkan tablet.

Paten IBM tersebut diungkap oleh media Belanda LetsGoDigital, yang juga melengkapinya dengan sejumlah gambar reka wujud jam tangan pintar yang dapat bertransformasi berkat layar fleksibelnya tersebut.

Disebutkan, paten berjudul “Ukuran display variabel buat layar perangkat elektronik” itu diajukan pada 2016 oleh International Business Machines Corporation, sebelum akhirnya disetujui dan dipublikasikan USPTO (United States Patent and Trademark Office) pada 11 Juni 2019.

Dalam serangkaian gambar reka wujud dari LetsGoDigital, yang pertama-tama terlihat adalah perangkat ini terlihat seperti jam tangan pintar biasa ketika berada dalam wujud paling sederhana, walaupun wujudnya lebih tebal.

Di balik desain yang tampak sederhana itu ada tujuh lapis layar tambahan yang berada di bawah layar utama. Layar-layar ini bisa dikeluarkan satu per satu secara independen. Di bagian inilah smartwatch itu jadi menarik.

Jika tiga lapisan layar tambahan dikeluarkan, membuat total ada empat layar yang aktif berdampingan, perangkat ini secara otomatis disebut akan berubah mode dari smartwatch menjadi smartphone.

Masih belum puas dan butuh layar lebih lapang? Empat layar lain masih bisa dikeluarkan untuk membuat total delapan layar aktif bersamaan. Di sinilah smartwatch yang sudah menjelma jadi smartphone itu akan berjalan dalam mode tablet.

Belum jelas apakah fase-fase transformasi itu berlangsung manual, semi otomatis, atau sepenuhnya otomatis. Disebutkan pula bahwa perangkat ini kemungkinan besar dilengkapi oleh minimal satu buah speaker dan bisa jadi disertai dukungan untuk menambahkan perangkat lain seperti keyboard dan mouse. (red)

Berita Terkait

Komentar

Komentar