Jokowi Janji Jadikan Danau Toba Wisata Berkelas Dunia

DANAU TOBA, (tubasmedia.com) – Presiden Joko Widodo [Jokowi] dan Ibu Negara, Iriana melakukan kunjungan kerja ke Medan, Sumatera Utara. Kedatangan Jokowi ini menjadi yang pertama kalinya sejak dia ditetapkan sebagai Presiden terpilih periode 2019-2024.

Jokowi tiba di bandara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara, Senin sore, 29 Juli 2019. Dia ditemani Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Menteri Basuki Hadimuljono, dan Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, serta pejabat daerah terkait. Saat sampai di sana mantan Gubernur DKI Jakarta ini langsung mendatangi dan meninjau kawasan wisata Danau Toba, Sumatera Utara.

Jokowi mengatakan, Danau Toba memiliki potensi yang tinggi. Dia ingin 28 titik wisata di danau Toba bisa meningkatkan wisatawan guna mengembangkan kawasan wisata.

“Semua itu dibutuhkan kombinasi investasi dan anggaran APBN yang cukup besar,” ujarnya.

Wisata Kelas Dunia

Presiden Jokowi menginginkan kawasan Danau Toba sebagai sebuah destinasi wisata yang berkelas dunia. Menurutnya, banyak potensi yang dimiliki Danau Toba untuk bisa memikat para wisatawan.

“Untuk mengembangkan kawasan wisata ini dibutuhkan kombinasi antara investasi dan anggaran APBN,” ungkap Jokowi.

Disebut, jumlah investasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk Danau Toba mencapai lebih dari Rp 3,5 triliun.

“Rp 3,5 triliun untuk investasi APBN. Untuk non APBN bisa tiga kali lipat,” kata Jokowi dilansir Antara, Selasa (30/7/2019).

Dia berharap dengan nilai investasi tersebut bisa memicu investasi datang ke Danau Toba. (tony)

Berita Terkait

Komentar

Komentar