Karakteristik Industri Elektronika Berkembang dengan Cepat

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Pengembangan produk Polytron didukung dengan Big Data yang merupakan market survey kebutuhan customer. Dan berdasarkan riset tersebut, kemudian akan dibuat desain awal menggunakan Computer Aided Design yang akan membantu visualisasi produk secara digital.

Kegiatan pengembangan produk ini didukung dengan menggunakan Internet of Things yang memudahkan koordinasi dalam pengembangan produk.

Hal itu diuraikan Direktur Industri Elektronika dan Telematika, Kementerian Perindustrian,     Achmad Rodjih Almanshoer kepada wartawan di ruang kerjanya kemarin.

Menurutnya, karakteristik industri elektronika yang terus berkembang dengan cepat, membuat perusahaan harus dapat berinovasi dengan cepat pula guna dapat mengikuti tren perkembangan atau kebutuhan di pasar.

Revolusi industri ke-4 atau industri 4.0 adalah merupakan suatu konsep yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses produk suatu perusahaan mulai dari riset pasar atau pengembangan produk hingga pemasaran atau purna jual.

Berkaitan dengan hal itu, beberapa upaya yang sudah dilakukan Polytron dalam menerapkan konsep industri 4.0 berada pada proses pengembangan produk, prototyping dan produksi manufaktur.

Pada tahap pengembangan produk, Polytron menerapkan konsep Advanced Research and Development yang didukung dengan Computer Aided Design (CAD/CAM) dan High-Tech & Precision Machine.

Selain itu, pada tahap prototyping, Polytron menggunakan Rapid Prototyping Machine dan pada tahap produksi manufaktur menggunakan SMD Insertion Machine.

Hasil pengembangan produk yang masih berupa konsep perlu dibuat dalam bentuk nyata untuk menilai kesesuaian antara desain awal dengan ekspektasi dari produk tersebut.

Polytron menggunakan Rapid Prototyping Machine untuk dapat membuat prototype dari desain digital dengan akurat dan waktu yang cepat sehingga dapat segera dievaluasi kesesuaiannya. Dengan demikian proses pengembangan produk dapat merevisi kembali sesuai dengan input tanpa perlu menunggu lama.

Salah satu kegiatan manufaktur Polytron sudah didukung dengan SMD Insertion Machine yang merupakan sebuah mesin otomasi atau robot yang dapat bekerja secara presisi dan efisien. Mesin SMD yang menggunakan konsep Internet of Things dapat memproses produk-produk sesuai dengan kebutuhan secara otomatis.(sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar