Kemenperin Latih Perajin IKM Tenun Ulos di Simalungun

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian menyelenggarakan bimbingan teknis serta memberikan mesin dan peralatan produksi di Sentra IKM Tenun Ulos, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi dan kompetensi para perajin tenun di dalam negeri sehingga mampu menghasilkan produk yang berdaya saing di pasar domestik dan internasional.

“Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari kunjungan Bapak Presiden Joko Widodo pada Festival Danau Toba tahun 2016 lalu,” kata Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih, Rabu (19/7) di Jakarta. Bimbingan teknis yang dilaksanakan selama lima hari, mulai tanggal 17-21 Juli 2017 ini diikuti sebanyak 20 peserta dan sudah dibentuk dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) Hiou Sinio.

Untuk bantuan mesin dan peralatan, Gati menyebutkan, pihaknya menyerahkan berupa 11 unit alat tenun bukan mesin (ATBM), satu unit alat hani tangan dan lima unit alat kelos benang kepada Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Simalungun, yang akan digunakan oleh KUB Hiou Sinio.

“Kami berharap, kegiatan ini akan ditindaklanjuti oleh Pemda Simalungun melalui pendampingan dan dapat pula difasilitasi untuk ikut serta di Festival Danau Toba,” ujarnya.

Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata yang dikelilingi beberapa kabupaten termasuk Simalungun, ditargetkan Sentra IKM Tenun Ulos ini bisa menjadi tujuan utama bagi wisatawan lokal dan mancangera. (ril/sabar)

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar