Konten Digital Pelatihan Industri

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Kementerian Perindustrian dan PT Ruang Raya Indonesia (ruangguru.com) sepakat melakukan kerja sama dalam upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) sektor industri melalui pemanfaatan teknologi informasi digital. Langkah ini guna mendukung strategi manufaktur nasional agar lebih inovatif sehingga mampu berkompetisi di tingkat global.

“Melalui platform Ruangguru ini, kami akan terus mendorong pembangunan kapasitas SDM lokal termasuk dalam pengembangan industri kecil dan menengah (IKM) supaya semakin produktif dan berdaya saing,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto usai menyaksikan penandatanganan MoU antara Direktorat Jenderal IKM Kemenperin dengan Ruangguru di Jakarta, Kamis (28/12).

Ruang lingkup Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih dan CEO PT Ruang Raya Indonesia (ruangguru.com) Adamas Belva Devara, meliputi pembuatan Konten Digital Pelatihan Industri (KDPI) seperti video, soal, dan rangkuman sebagai penunjang peningkatan kapasitas SDM industri.

Selanjutnya, pemanfaatan platform Ruangguru sebagai sarana pembelajaran online secara mandiri untuk pelaku industri, serta sosialisasi dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) terkait dengan pemanfaatan platform digital.

“Dalam kerja sama ini, unit satuan kerja di Kemenpern akan membuat konten video mengenai peningkatan kapasitas dan kompetensi SDM industri,” jelas Airlangga.

Konten yang akan diunggah di platform Ruangguru tersebut, antara lain mengenai program pendidikan vokasi, fasilitas pengembangan IKM, peningkatan keahlian dan kompetensi bagi pelaku IKM, serta beberapa materi dari workshop e-Smart IKM.

“Kami berharap, upaya ini turut memacu daya saing Indonesia melalui penyiapan kualitas dan ketersediaan pekerja dengan keterampilan tinggi,” imbuhnya.

Selain itu, menurut Airlangga, Ruangguru juga bakal menjadi rujukan bagi para guru Sekolah Menengah Kejuruan yang jumlahnya sekitar 30 persen dari keseluruhan tenaga pengajar di Indonesia.

“Melalui pemanfaatan teknologi digital ini bisa memaksimalkan akses pasar yang lebih besar,” tuturnya.

Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih menyampaikan, di masa mendatang, diharapkan muncul konten-konten video atau ruang kelas di Ruangguru.com mengenai materi peningkatan kapasitas SDM untuk pelaku industri dan aparat pembina khususnya pegawai Kemenperin.

“Materi-materi tersebut dapat berupa materi tentang kewirausahaan, pemasaran, maupun capacity building yang berkaitan dengan pembinaan sentra untuk Tenaga Penyuluh Lapangan IKM,” jelasnya.(ril/sabar)

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar