Memuaskan, Hasil Program System of Rice Intensification

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

CIAMIS, (Tubas) – Panen raya yang diselenggarakan BP3K Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis, Senin (3/10) pekan lalu, berlangsung meriah dengan dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Ciamis, Ir. Endang Supardi, M.P.

Menurut Sudirman, A.Md. selaku Kepala BP3K Kecamatan Panumbangan, panen raya itu adalah hasil sekolah lapangan para petani yang beberapa kali pertemuan dan yang termasuk Program System of Rice Intensification (SRI) yang hasilnya sangat memuaskan karena melebihi hasil panen sebelumnya yang sekitar 6,3 ton per hektar, sekarang mencapai 9,2 ton per hektar, ungkapnya kepada tubasmedia.com saat ditemui di lokasi panen raya Desa Golat Kecamatan Panumbangan.

Sudirman juga menambahkan, keberhasilan peningkatan hasil setelah para petani mendapatkan bimbingan dan sekolah lapangan dari Program SRI. Dan program tersebut terlihat sangat menguntungkan para petani karena kini lahan semakin sempit sehingga tepat sekali adanya Program SRI tersebut dan cocok untuk berbagai macam benih padi.

Di tempat terpisah, Ir. Endang Supardi, M.P. Kadis Pertanian Kabupaten Ciamis saat ditemui Tubas mengatakan, dia sangat bangga akan keberhasilan Program SRI di Kecamatan Panumbangan meski sementara hanya 25 hektar.

Dan dia juga berharap, keberhasilan di Kecamatan Panumbangan itu bisa diikuti oleh daerah yang lain dan diharapkan Program SRI juga terus berkembang agar bisa menunjang kebutuhan pangan se-Kabupaten Ciamis di masa depan. (zie/mamay)

Topik :

Berita Terkait

Komentar

Komentar