Menperin: Nanti HP yang Anda Pake, Ganti dengan Produk Indonesia

Laporan: Redaksi

MS Hidayat

MS Hidayat

JAKARTA, (TubasMedia.Com) – Menteri Perindustrian (Menperin), MS Hidayat mengatakan jika Foxconn bersama partner lokalnya dari Group Agung Sedayu Group mampu membangun pabrik komponen dan gadget di Indonesia maka pasar domestik bisa dikuasai.

Hal itu dikatakan usai rapat kerja dengan Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, membahas Rancangan Undang-Undang tentang perindustrian, Selasa (21/5/2013), Hidayat memastikan Foxconn dan mitra lokalnya tersebut bakal memproduksi tablet dan telepon seluler (ponsel).

“Dengan adanya industri komponen ini, nanti domestik market bisa dikuasai. Handphone yang Anda pakai nanti diganti merek Indonesia,” ujar Hidayat.

Selain membangun manufaktur, Foxconn sebut Hidayat juga bakal membangun pusat distribusinya. Foxconn sudah mempersiapkan tanah untuk pembangunan pusat distribusi tersebut.

Sementara itu, terkait dengan ditemukannya ponsel ilegal yang memenuhi pasar Indonesia, Hidayat menyayangkan karena hal itu tak hanya pengawasan di pintu-pintu masuk saja yang kurang, namun juga adanya kebiasaan masyarakat Indonesia yang sangat konsumtif terhadap produk baru khususnya teknologi dan gadget.

“Demand tinggi, produknya belum masuk siap pasar, tapi permintaan dari kita begitu besar. Itu yang mendorong munculnya praktek-praktek nakal,” kata Hidayat.

Sementara itu, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT), Kemenperin, Budi Darmadi, menuturkan banyaknya barang selundupan, juga karena masyarakat masih senang mengkonsumsi barang murah.

“Sekarang kalau ditawarin, mau yang murah atau mahal?. Pasti yang murah kan,” ujarnya. Selain dari sisi konsumen, pengawasan di perairan laut sepanjang 80 ribu kilometer (km), lanjut Budi, juga sangat sulit. Penyelundupan banyak masuk lewat pulau-pulau tikus. (sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar