Nikson akan Usulkan Pengembangan Sejumlah Proyek Wisata di Taput Kepada Jokowi

TARUTUNG, (tubasmedia.com) – Dalam Kunjungan Kerja (Kunker) Presiden RI,Joko Widodo ke Kabupaten Tapanuli Utara, Bupati Taput Nikson Nababan akan mengusulkan beberapa item pembangunan dalam pengembangan wisata.

“Kita akan coba memberikan usulan beberapa pembangunan kepada pak presiden. Khususnya, pengembangan pembangunan wisata di Muara serta pembangunan jalan-jalan nasional yang stragis di Taput” ujar Bupati ikson Nababan, Senin (29/7) di Tarutung

Usulan pertama katanya pengembangan pembangunan parawisata di  Muara melalui pembangunan Pulau Sibandang menjadi Green Island. Juga,  pembangunan dermaga Muara sebagai pintu masuk kawasan wisata Danau Toba.

Juga rencana pembangunan Outer Ring Road Danau Toba mulai dari Meat,  Sitanggor dan  Bakkara. Termasuk pembenahan Gantole dan pembangunan Patung Yesus Memberkati di Hutaginjang.

Selanjutnya jelas Nikson, kita akan usulkan penataan Bandara Internasional dengan menciptakan kota Aero Polis Bandara Silangit diatas lahan seluas 150 hektar.

Salah satunya, pembangunan jalan nasional dari Siborong-borong menuju kota  Tarutung dan Adiankoting, serta pembangunan jalan lingkar luar Siborong-borong untuk menghindari kemacetan lalu lintas.

‘’Tidak lupa nanti kita juga akan usulkan penataan peningkatan sirkuit pacuan kuda Siborong-borong,’’ katanya menambahkan penataan wisata  air panas Sipoholon dan Balai Latihan Kerja (BLK) Silangkitang juga akan diusulkan.

Pembangunan Salib Kasih Siatas  Barita dengan One Stop Tourism diatas lahan  72 hektar yang  dibagi dalam lima zona. Setelah itu kita akan usulkan peningkatan status IAKN menjadi universitas negeri.

Adapun maksud tujuan pendirian universitas negeri itu, agar dapat meningkatkan SDM dalam rangka mendukung KSPN Danau Toba dan meningkatkan ekonomi mikro yang berakibat pada multi player efek dengan menjadikan IAKN menjadi universitas negeri

“Kiranya pemerintah pusat mau membatu merealisasikan usulan kita agar cita-cita Jokowi menjadi Danau Toba sebagai Bali kedua di Indonesia dapat terwujud,” jelas Nikson Nababan. (tony)

Berita Terkait

Komentar

Komentar