Obat Herbal Menuntut Penyediaan Bahan Baku yang Berkualitas

SURAKARTA, (tubasmedia.com) – Sebagai upaya menambah pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa, Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi (USB) Surakarta menggelar workshop dengan tema “Pelatihan Pembuatan Ekstrak Herbal yang Berkualitas dan Terstandar” Sabtu (20/5) di Gedung A, USB Surakarta.

Hadir sebagai pembicara, Dr.rer.nat.Triana Hertiani, MSi, Apt. dari Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta.

Ketua Panitia Workshop, Vivin Nopiyanti, MSc., Apt, menyebutkan workshop yang diikuti mahasiswa, alumni dan masyarakat umum ini merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan Fakultas Farmasi USB. Tujuan dari diadakannya workshop ini untuk menambah pengetahuan, ketrampilan dan kompetensi mahasiswa di bidang kefarmasian. Selain itu  untuk mengakomodir kepentingan mahasiswa mendapatkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Sementara itu Ketua Program Studi S1 Farmasi, Dwi Ningsih, SSi, M.Farm, Apt, mengapresiasi mahasiswa yang antusias mengikuti workshop. Selain mendapatkan ilmu dari proses perkuliahan, mahasiswa juga bisa mendapatkan ilmu tambahan. Pihaknya juga mengapresiasi tema yang diangkat dalam workshop kali ini mengingat penggunaan obat herbal sudah mulai mendunia.

Senada dengan Ketua Program Studi S1 Farmasi, Wakil Rektor IV USB, Dr Titik Sunarni, SSi, MSi, Apt, mengungkapkan melalui workshop  mahasiswa diharapkan bisa mengembangkan hard skill dan soft skill, baik melalui proses pembelajaran saat kuliah maupun workshop atau pelatihan. Fakultas juga terus untuk menambah kompetensi mahasiswa, sesuai dengan visi USB yakni untuk membentuk lulusan yang kompeten dan berdaya saing.

Terkait dengan tema yang diambil, Wakil Rektor IV mengatakan perkembangan penggunaan obat herbal yang semakin marak menuntut adanya penyediaan bahan baku atau ekstrak yang berkualitas.

Ditambahkan, ektrak untuk bahan obat harus bermutu dan aman, serta terstandarisasi isi dan kandungan kimianya. Maka dari itu, melalui workshop ini diharapkan mahasiswa bisa menambah kompetensi dalam hal pembuatan ekstrak herbal yang berkualitas dan terstandar.(tk)

Berita Terkait

Komentar

Komentar