Pabrik di Sepanjang Kali Ciliwung akan Ditutup

advokasi-anak-kali-ciliwung

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengancam akan menutup pabrik-pabrik yang berada di sepanjang aliran Kali Ciliwung. Ancaman itu berlaku bagi pabrik yang tidak sesuai dengan Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) yang telah disepakati.

Menurutnya, kondisi air di kali Ciliwung sudah dalam kondisi tercemar lantaran tercampur limbah pabrik. “Kami tidak menutup izinnya karena sudah ada berpuluh tahun, kami cocokan amdalnya. Jadi amdal tidak cocok, kami tutup,” kata Ahok, Rabu (18/5/2016).

Ia juga mendesak kepada Wali Kota Jakarta Timur, Bambang Musyawardhana untuk melakukan pengecekan ke seluruh pabrik yang ada di wilayahnya. Dikhawatirkan pabrik-pabrik tersebut membuang limbahnya ke aliran kali ketika banjir kiriman datang.

“Jadi limbah dia simpan dulu. Begitu air dari Bogor datang, masuk ke got pabriknya, kebawa ke luar. Itu bisa dirasakan dari mana? Dari baunya termasuk dari dindingnya keluar. Makanya saya minta Wali Kota dibereskan ini,” ujarnya.

“Malah yang perlu kami bahas soal sungai ini. Saya gini-gini sekolah Geologi loh. Saya sering telusuri sungai, naik gunung, lembah sungai, udah sering saya lakukan,” sambungnya. (red)

Berita Terkait

Komentar

Komentar