Pemkot Probolinggo Hentikan Kegiatan di Hotel

bagian-umum

PROBOLINGGO, (tubasmedia.com) – Pemerintah Kota Probolinggo sudah menghentikan kegiatan dinas di hotel atau di luar kantor pemerintahan. “Ini instruksi Presiden dan Wakil Presiden kepada gubernur,” kata Gatot Wahyudi, Kepala Bagian Umum Pemkot Probolinggo, baru-baru ini

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan –RB) telah mengeluarkan surat edaran yang melarang penyelenggaraan rapat dinas di hotel dalam rangka efisiensi anggaran.

Menurut Gatot, pihaknya sedang menyiapkan tempat serta fasilitas-fasilitas lainnya agar langkah penghematan tersebut dapat dilakukan secara menyeluruh. Langkah membatasi penggunaan hotel sebagai lokasi kegiatan kepegawaian merupakan terobosan yang berdampak pada keuangan daerah. “Saya melihat ini sangat positif dan patut diapresiasi di tengah kesulitan keuangan di negeri ini,” katanya.

Penggunaan hotel untuk kegiatan seremonial mengakibatkan belanja pemerintahan sangat besar. Jika mengandalkan hotel, maka pemerintah daerah justru tidak berupaya melakukan efisiensi anggaran. Padahal, anggaran untuk kesejahteraan rakyat dalam APBD masih kecil, sebagian besar habis untuk belanja pegawai. (haroem)

Berita Terkait

Komentar

Komentar