Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Pesibar

KRUI, (tubasmedia.com) – Dinas Sosial Kabupaten Pesisir Barat, menggelar Rapat Koordinasi penanggulangan fakir miskin pedesaan sekaligus lounching kegiatan verifikasi dan validasi data terpadu Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2017. Rakor dibuka Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pesisir Barat, Marzuki mengatakan  umumnya masalah sosial berada dalam kesenjangan antara kebutuhan yang harus dipenuhi dengan sistem sumber yang tersedia.

Artinya hilangnya mata rantai antara desakan kebutuhan hidup sehari-hari dengan sistem sumber yang dapat menyediakan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sehingga terwujudnya kesejahteraan sosial mereka secara baik.

Untuk meningkatkan percepatan penanggulangan kemiskinan diharapkan para pendamping dapat berperan aktif melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap Kelompok Masyarakat atau Keluarga Fakir Miskin di Pekon yang akan menerima bantuan sehingga tersebut dapat berdayaguna dan berkembang.

” Dengan telah berkembangnya bantuan-bantuan masyarakat diharapkan dapat digulirkan kepada keluarga miskin lainnya sehingga dapat berfungsi sebagai potensi sosial dan sekaligus sebagai media untuk menghimpun potensi dan saling membantu di antara anggota kelompok usaha bersama,” Jelas Marzuki.

Sementara itu, Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal mengatakan, Rapat Koordinasi seperti ini sangat penting untuk dilakukan agar secara bersama-sama dapat membicarakan pelaksanaan berbagai program pembangunan secara khusus masalah penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Pesisir Barat.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat katanya, telah dan sedang melaksanakan beberapa program yang secara garis besar tercakup dalam empat bidang prioritas, yaitu pendidikan, kesehatan, insfrastruktur dan bidang pengembangan ekonomi kerakyatan.

Angka kemiskinan di Lampung khususnya di Kabupaten Pesisir Barat, sesua data Kementerian Sosial RI, pada pemutakhiran basis data terpadu (PBDT) Tahun 2017 tercatat sebanyak 21.074 rumah tangga, 22.300 keluarga dan 92.563 individu yang terdiri dari 11 kecamatan  yang ada di Kabupaten Pesisir Barat.(agustiawan)

 

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar