Prabowo: 99 % Masyarakat RI Berada pada Ekonomi Pas-pasan, Ketua BPS: Ada Datanya Nggak?

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto enggan berkomentar banyak mengenai ucapan calon presiden Prabowo Subianto bahwa 99 persen masyarakat Indonesia berada pada ekonomi pas-pasan. Sebab, ia belum melihat sumber data yang dipergunakan oleh Ketua Umum Gerindra itu.

“Kalau misalnya ada yang bilang dia bikin statement dari BPS atau dari world bank, atau IMF, tapi saya nggak melihat wujudnya (datanya) saya tidak akan komentar,” ujar Suhariyanto di Sekolah Tinggi Ilmu Statistika, Jakarta, Kamis, 25 Oktober 2018.

Suhariyanto berprinsip akan mengomentari suatu pernyataan apabila berbasis data. “Saya prinsipnya kalau ada yang membuat pernyataan, pertama kali kalau dia minta pendapat ke saya, saya akan cek dulu, sumber datanya ada nggak, saya harus pegang dulu,” tambahnya.

Menurut Suhariyanto, seyogyanya sebuah pendapat harus dilandasi oleh data yang valid. Sebab, apabila datanya tidak ada, maka pernyataan tersebut akan sulit untuk ditanggapi.

“Yang penting, datanya dulu kita lihat bersama, betul enggak interpretasinya seperti itu,” ujar Suhariyanto.

Prabowo sebelumnya mengatakan 99 persen masyarakat Indonesia berada pada ekonomi pas-pasan. Pernyataan itu ia sampaikan dalam acara deklarasi emak-emak Binangkit relawan Prabowo-Sandi di Pendopo Inna Heritage Hotel Denpasar, Bali, pada Jumat pekan lalu.(red)

Berita Terkait

Komentar

Komentar