Produk Lokal Terancam Impor dari AS dan China

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Perang dagang antara Amerika Serikat dengan China berdampak ke negara lainnya. Salah satunya Indonesia. Sekertaris Jenderal Kementerian Perdagangan Karyanto Suprih mengatakan, produk dari kedua negara tersebut berpotensi membanjiri pasar Indonesia.

Hal tersebut dikarenakan AS dan China membatasi impor yang masuk ke negara mereka. Dengan begitu, kedua negara tersebut akan mencari negara lain untuk memasarkan produknya.

“Negara kita bisa menjadi target pasar dari membanjirnya produk AS dan China yang terhambat diperdagangkan di kedua negara ini karena adanya peningkatan tarif,” ujar Karyanto di Kantor Kemendag, Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Karyanto menambahkan, untuk mengantisipasi dampak negatif dari banjirnya produk AS dan China di Indonesia, masyarakat harus meningkatkan kecintaannya terhadap produk dalam negeri.

Jika barang dari AS dan China membanjiri pasar dalam negeri, dikhawatirkan akan mematikan pasar lokal. Hal tersebut akan menimbulkan dampak negatif bagi perekonomian Indonesia.

“Kita harus meningkatkan kecintaan produk dalam negeri mulai dari diri sendiri, keluarga. Promosi cinta produk dalam negeri harus lebih sering dilakukan. Jadi kita harus waspada banyak yang banjir produk AS dan China yang masuk ke kita,” kata Karyanto.(red)

 

Topik :

Berita Terkait

Komentar

Komentar