Profesi Apoteker USB Ikuti Assessment Lapangan dari LAM-PTKes

SURAKARTA, (tubasmedia.com) – Demi terjaminnya mutu pendidikan tinggi kesehatan yang berstandar global, perguruan tinggi diharapkan mengikuti proses akreditasi untuk setiap Program Studi.

Terkait dengan habisnya masa berlaku Akreditasi, Program Studi Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi (USB) Surakarta mengajukan Re-Akreditasi.

Kali ini tim assessor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perturuan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melakukan visitasi akreditasi atau assessment lapangan kepada Program Studi Profesi Apoteker Fakultas Farmasi USB Surakarta. Kegiatan tersebut berlangsung mulai Senin (8/1) hingga Rabu (10/1) di USB Surakarta.

Dalam assessment lapangan tersebut bertindak sebagai assessor dari LAM-PTKes yakni Prof. Dr. Dachriyanus, Apt. dari Universitas Andalas Padang, Drs. Wahyudi Uun Hidayat, M.Sc., Apt. dari Ikatan Apoteker Indonesia, dan Mahardian Rahmadi, S.Si., M.Sc., Ph. D., Apt. dari Universitas Airlangga Surabaya.

Kegiatan assessment lapangan diawali dengan pertemuan antara tim assessor dengan unit penyelenggara Program Studi Profesi Apoteker. Kegiatan tersebut dihadiri oleh pimpinan Fakultas Farmasi USBudi, Kepala Prodi Profesi Apoteker, serta beberapa unit terkait.

Dalam kegiatan tersebut, Dekan dan Kepala Program Studi Profesi Apoteker melakukan presentasi di hadapan tim assessor. Dalam assessment lapangan ini tim assessor juga melakukan kunjungan ke beberapa lokasi yang menjadi tempat Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) yakni di Rumah Sakit, Industri, dan Apotek.

Kegiatan dilanjutkan dengan verifikasi data oleh tim assessor terkait kesesuaian borang yang dikirim dengan data dan bukti fisik yang ada di lapangan. Selanjutnya tim assessor juga berkesempatan meninjau langsung beberapa fasilitas atau sarana dan prasarana yang ada di USBudi.

Usai melakukan tinjauan, tim assessor melakukan wawancara dengan dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan beberapa stake holder. Kegiatan assessment lapangan diakhiri dengan penyerahan hasil assessment lapangan. Dengan adanya visitasi Akreditasi LAM-PTKes ini diharapkan penyelenggaraan Program Studi Profesi Apoteker menjadi semakin baik.(roris)

Berita Terkait

Komentar

Komentar