Rima Melati: Sineas Kita Makin Kreatif

Laporan: Redaksi

Rima Melati

Rima Melati

JAKARTA, (TubasMedia.Com) – Pengumuman pemenang Piala Citra pada Festival Film Indonesia (FFI) 2012, berlangsung di Benteng Vrederburg, Yogyakarta, pada Sabtu malam (8/12) lalu. Film Tanah Surga … katanya keluar sebagai Film Terbaik. Film karya Herwin Novianto tersebut juga meraih lima penghargaan lainnya, yaitu untuk sutradara, penulis cerita asli, pengarah artistik, penata musik, dan pemeran pendukung pria terbaik.

Film lainnya yang meraih lebih dari satu penghargaan adalah Rumah di Seribu Ombak. Film karya Erwin Arnada tersebut menang tiga dari delapan nominasi, plus satu penghargaan khusus aktor muda terbaik atas nama Dedey Rusma.

Sementara itu, Dilema, Lovely Man, Test Pack, dan Demi Ucok masing-masing memperoleh satu penghargaan. Ada 15 film yang lolos seleksi dari 45 film bioskop yang diterima panitia FFI.

Rima Melati, salah satu tim juri FFI 2012, saat dijumpai tubasmedia.com Senin (10/12), di Jakarta, menyatakan kebanggaannya melihat film nasional kini yang ceritanya makin beragam. “Para sineas kita makin kreatif membuat film berkualitas, entah genrenya komedi, horor atau drama,“ ungkap Rima Melati.

Proses penjurian berlangsung ketat. “Kalau dulu film terbaik FFI haruslah film yang menang dari sisi penyutradaraan, sinematografi, skenario, dan penyuntingan gambar, tapi kini kita harus melihatnya lain lagi. Film terbaik tentu haruslah yang memenuhi dasar-dasar pembuatan film. Tapi, juga film pemenang haruslah mencerminkan pendirian festival sebagaimana tercermin dalam semboyan FFI tahun ini Film Kita, Wajah Kita,” lanjut Rima.

Untuk ke depannya, Rima berharap para sineas kita bisa memberikan hasil yang sama, lebih baik kalau lebih baik lagi. “Sebab, kita sadar betul bahwa penonton kita juga sekarang makin cerdas untuk memilih film yang mereka hendak tonton. Ini bisa menjadi motivasi tambahan untuk sineas kita,” tambah Rima. (stevie)

Berita Terkait

Komentar

Komentar