Setya Novanto Kunci Lolosnya Proyek e-KTP Senilai Rp 5,9 Triliun

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong disebut mengajak pejabat Kementerian Dalam Negeri melobi Setya Novanto untuk urusan proyek e-KTP. Novanto dianggap kunci lolosnya proyek senilai Rp 5,9 triliun itu.

Pertemuan itu digelar di Hotel Gran Melia, Jakarta, pada awal Maret 2010 lalu. Hadir Novanto yang saat itu menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar di DPR dan Andi Narogong.

Sedangkan dari Kemendagri yang hadir mantan Sekretaris Jenderal Diah Anggarini, mantan Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Irman, dan mantan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Sugiharto.

“Kan Andi ngomong, kuncinya bukan di Pak Burnap (almarhum Burhanudin Napitupulu, Ketua Komisi II DPR), tapi di Pak Setya Novanto, Ketua Fraksi Golkar. Pak Burnap berada di bawah kendali Pak Setya Novanto,” kata Irman seperti tertuang dalam salinan berita acara pemeriksaan.

Dakwaan jaksa KPK terhadap Irman dan Sugiharto menyebutkan pertemuan di Gran Melia itu. Diah juga mengakui pertemuan tersebut saat bersaksi di PN Tipikor. Sedangkan Novanto menampik dirinya ikut rapat-rapat e-KTP.(red)

Berita Terkait

Komentar

Komentar