Soal Impor Tong Sampah, Anies Tutup Mulut

JAKARTA, (tubasmedia.com) –  Pemprov DKI Jakarta akan mengimpor 2.640 buah tong sampah dari Jerman. Kelebihan tong sampah dari negara Eropa ini memiliki roda dan punya kapasitas 660 liter. Dana yang dikeluarkan untuk tong sampah itu mencapai Rp 9,58 miliar.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan dirinya belum bisa menjelaskan lebih jauh mengenai tong sampah impor tersebut. Namun Anies berjanji akan menjelaskan setelah pengadaan barang dan jasa sudah disetujui.

“Nanti (soal tong sampah) saya ceritakan kalau sudah lengkap ya,” ujar Anies saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (4/6).

Informasi tentang tong sampah yang ramai dibahas ini berasal dari sebuah tangkapan gambar dari situs e-Katalog Lembaga Kebijakan Penyediaan barang/jasa Pemerintah (LKPP) dan tersebar di media sosial beberapa waktu lalu.

Warganet banyak yang menilai pembiayaan untuk tong sampah terlalu mahal dan mengapa tidak menggunakan produk dalam negeri saja. Namun Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji tetap memilih produk luar, ketimbang dalam negeri.

Dia mengatakan tidak ada tempat sampah atau tong sampah buatan Indonesia dalam e-catalog LKPP. Saat ini hanya terdapat dua perusahaan penyedia, yaitu satu menjual tempat sampah buatan Jerman dan China. (red)

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar