Taput Miliki Kebun Induk dan Penangkar Benih Kopi “Sigarar Utang”

TARUTUNG, (tubasmedia.com)– Sejak dulu, kopi ‘’Sigarar Utang’’ sudah tumbuh dan berkembang di Sumatera Utara. Hasilnya, Kabupaten Taput, Humbang, Samosir dan Tobasa menjadi daerah penghasil kopi “Sigarar Utang” tersebut di Sumut.

Saat ini kebanggaan itu menjadi milik warga di Kabupaten Taput karena memiliki kebun sumber benih/induk dan penangkar benih kopi Varietas Arabika Sigarar Utang.

Satu-satunya di Sumut, kebun induk kopi “Sigarar Utang” itu berlokasi di Dusun Siarang-arang Desa Parbaju Tonga Kecamatan Tarutung. Dan salah satu kebun induk di Indonesia,  di luar Jawa Barat dan Puslitloka di Jember Jawa Timur.

Taput juga menjadi salah satu penangkar benih kopi “Sigarar Utang” yang telah memiliki sertifikat.

“Telah memiliki Izin Usaha Produksi Benih berdasarkan Permen Pertanian RI Nomor 50/Permentan/KB.020/9/2015 tanggal 21 September 2015 tentang produksi benih, sertifikasi, peredaran benih,” ujar Radot Simatupang selaku pemilik usaha penangkar benih sebar kopi “Sigarar Utang” kepada tubasmedia.com, Sabtu (27/7) di Dusun Siarang-arang Kecamatan Tarutung.

Kata Radot, benih sebar kopi “Sigarar Utang” telah memiliki sertifikasi dan berlabel dari Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Sumut.

‘’Bukan hanya warga Taput saja yang membeli benih kopi dari kita, dari kabupaten tetangga juga sudah dating,’’ kata Radot. Dari kabupaten Samosir, Humbahas, Tobasa, Karo bahkan Dairi. ‘ Bahkan bupatinya sudah datang kesini,” tambahnya.

Sementara pemilik kebun induk kopi “Sigarar Utang”,  Awaluddin Sitompul mengatakan, Taputlah satu-satunya mempunyai kebun induk di Sumatera Utara dan di Indonesia selain Jawa Barat dan Jawa Timur.

Kita telah menyebar banyak biji kopi “Sigarar Utang” siap tanam di Sumatera Utara bahkan ke daerah lain di luar Sumatera.(tony)

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar