USB Adakan Pelatihan Bagi UKM

SURAKARTA, (tubasmedia.com) – Dalam rangka memenuhi kewajiban salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat, Tim Program IPTEK bagi Produk Unggulan Daerah (IbPUD) dari Universitas Setia Budi (USB) menyelenggarakan kegiatan bertema “Pelatihan Manajemen Keuangan Berbasis Software dan Sumber Daya Manusia serta Pemasaran”.

Kegiatan yang diikuti mitra UKM dari Desa Sidomukti Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar yakni Kelompok Sri Rejeki dan Kelompok Wanita Tani Mukti Rahayu. tersebut berlangsung Jumat (25/8) di Gedung G.1.2 dan Laboratorium Komputer USB Surakarta.

Tim Program IbPUD, yang berhasil mendapatkan dana dari Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Kemenristekdikti Tahun 2017 ini diketuai Dian Kresnadipayana, SSi, MSi, beranggotakan dua dosen USB, Guruh Sri Pamungkas, SPt, MSi, dan Dian Indriana Hapsari, SE, MSc, Ak, CA, dan melibatkan dua mahasiswa USB.

Ketua Tim Program IbPUD Dian Kresnadipayana mengatakan Desa Sidomukti Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar dipilih karena desa tersebut menghasilkan jagung dan ketela yang cukup banyak dan menjadi produk unggulan daerah.

Salah satu UKM yang memproduksi keripik Singkong Rasa Gadung yakni Kelompok Sri Rejeki, yang mampu memproduksi keripik singkong mencapai 100-200 kg plastik besar per hari.

Selain itu, di Desa Sidomukti juga terdapat Kelompok Wanita Tani Mukti Rahayu yang memiliki produk unggulan nasi jagung instan, dan mampu memproduksi 10 kg nasi jagung instan atau 20 bungkus per hari, meski masih menggunakan alat produksi yang sederhana.

Ditambahkan Dian, meski memiliki potensi yang cukup besar, namum pengelolaan sumber daya manusia, pemasaran dan sistem keuangan yang diterapkan pada 2 UKM tersebut dinilai masih sangat kurang.
“Penyebabnya karena tidak ada tenaga kerja yang mempunyai keahlian khusus dalam bidang pengelolaan sistem keuangan, dan pembukuan keuangannya hanya memperhitungkan untung dan rugi tanpa melihat aspek keuangan secara detail,” ungkapnya.(sabar)

 

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar