Wapres: Sudah Dipesan Daging Sapi Beku Impor Sepuluh Ribu Ton

images

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, pemerintah sudah memesan 10 ribu ton daging sapi beku dari beberapa negara yang bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Impornya sudah disetujui dan dibuka. Sekarang sedang proses pemesanan,” kata Wapres Kalla di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (26/05/2016).

Menurut Kalla, persediaan daging sapi di pasaran sangatlah terbatas. Dikhawatirkan, stok daging tak mampu memenuhi tingginya permintaan saat Bulan Puasa. Tentu saja, kondisi ini kalau dibiarkan bakal mengerek naik harga daging sapi.

“Dengan impor, pasokan bisa terjamin. Dan yang lebih penting lagi, harganya bisa turun. Agar masyarakat bisa menjangkaunya,” lanjut Kalla.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta para menteri terkait untuk menjaga harga daging sapi bisa Rp 80.000/kg sampai Lebaran. Sayangnya, saat ini, harga daging masih di atas Rp 100 ribu per kg.

Sebelumnya antara Menteri Pertanian dengan Menko Perekonomian terjadi beda pendapat, Mentan mengatakan impor tidak perlu karena masih cukup stop sementara Menko mengatakan segera impor.

Nyatanya, Kementerian Pertanian kelimpungan juga menjaga pasokan sejumlah komoditas pangan. Alhasil, harga naik tak terbendung. Saat ini, harga daging sapi dan bawang merah di pasaran, masih terlalu tinggi. Lantaran pasokan dari dua jenis komoditas pangan ini, belum mencukupi. Apalagi Bulan Puasa yang tinggal menghitung hari, dikhawatirkan kembali terjadi kenaikan harga.(sabar)

 

 

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar