Wisuda Periode I, USB Luluskan 75 Wisudawan

SURAKARTA, (tubasmedia.com) – Universitas Setia Budi (USB) Surakarta mewisuda 75 wisudawan pada kegiatan Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Magister, Sarjana dan Diploma USB Periode I tahun 2019.

Dari 75 wisudawan tersebut, Anggi Restyana asal Jombang dari Program Studi S2 Ilmu Farmasi meraih IPK sempurna yakni 4,00, sementara wisudawan terbaik Program Sarjana diraih oleh Pratama Anggi Saputra asal Ketapang yang meraih IPK 3,93.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Rektor I USB Surakarta, Dr. Dra. Peni Pujiastuti, M.Si saat membacakan Laporan Wisuda, Rabu (24/04/2019) di Gedung Wanita Sasana Krida Manahan Surakarta.

Dalam wisuda periode I Tahun 2019 ini terdapat 16 wisudawan yang dinyatakan cumlaude. Disampaikan juga bahwa daya serap lulusan USB sangat bagus, para lulusan sebagian besar telah bekerja di berbagai instansi pemerintah/swasta sesuai kompetensinya, baik itu di rumah sakit, laboratorium klinik, industri obat, industri makanan dan minuman, apotek, dan lain-lain.

Rektor USB, Dr. Ir. Djoni Tarigan, MBA., dalam sambutannya menekankan bahwa untuk mendukung proses pembelajaran dibutuhkan SDM yang cukup dan berkualitas. Selain berupaya untuk memenuhi kebutuhan dosen dari sisi kuantitas, saat ini USB juga mendorong semua dosen dapat meningkatkan kualitasnya melalui peningkatan jenjang pendidikan.

Tahun 2019 ini USB mendapat 5 doktor baru, yaitu 5 orang dosen Fakultas Farmasi yang telah menyelesaikan studi doktoralnya di ITB Bandung. Dari 120 dosen tetap, saat ini terdapat 27 orang (22,5%) dosen telah bergelar doktor. 

Saat ini, 13 dosen tengah menempuh pendidikan S3 baik di dalam dan di luar negeri dengan sumber dana antara lain dari Yayasan Pendidikan Setia Budi dan Kemenristek-DIKTI.

Rektor USB juga menyampaikan, dalam beberapa waktu ini mahasiswa USB memperoleh prestasi yang cukup membanggakan, baik di bidang akademik maupun non akademik, di tingkat nasional maupun internasional, antara lain:

Best Bedah Jurnal OSCE pada Kompetisi Nasional Pharmanation 2018

Juara 3 kategori kesenian Jambore Genre Nasional tahun 2018

Sebanyak 13 tim Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2019 mendapat hibah dengan total dana Rp. 80.575.000,- yang terdiri dari 3 tim bidang Kewirausahaan dan 10 tim bidang Penelitian

Program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) didanai 10 Juta Rupiah dari Kemristekdikti

2 Mahasiswa lolos dalam Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Ke-9 di Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan judul Wirausaha Moe : Warung Makan Dunia Maya” dan Wirausaha Batik Barokah Jaya Group

Sementara di tingkat Internasional, Mahasiswa D3 Farmasi USB dipercaya untuk mengisi Acara Trade & Tourism Fair di Laos dalam rangka Peringatan 60 Tahun Hubungan Bilateral Indonesia-Laos.

Selain itu, mahasiswa S1 Farmasi USB yang mengikuti Asean Student Forum 2018 di Universiti Teknologi Petronas Malaysia berhasil mendapat anugerah Best Resolution Award. Pihaknya mengucapkan terima kasih sekaligus memberikan apresiasi dan penghargaan seting-tingginya atas keberhasilan yang telah dicapai para mahasiswa tersebut.

Rektor USB berpesan kepada para wisudawan, untuk mencapai keberhasilan dalam lingkungan kerja mereka harus mampu beradaptasi, bekerja sama, serta menghadapi dan menyelesaikan konflik secara bijaksana. Selain itu diharapkan para wisudawan rajin beribadah, tidak sombong dan merasa pintar, dapat mengendalikan dan menguasai diri, ringan tangan, jujur, tidak egois, dan tidak pernah berhenti belajar untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan.(sabar)

 

 

 

 

 

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar