Wisudawan Terbaik USB, Raih IPK Nyaris Sempurna

SURAKARTA, (tubasmedia.com) – Irene Rambu Yety Diki Dongga, S.Farm, menjadi salah satu wisudawan terbaik Program Strata 1 pada Wisuda Universitas Setia Budi(USB) Periode I Tahun 2017 dengan meraih IPK 3,94.

Wisudawan kelahiran Sumba Timur NTT tersebut, merupakan lulusan dari Program Studi S1 Farmasi. Irene mengikuti prosesi wisuda bersama 96 wisudawan lain, yang dilaksanakan Selasa (16/5) di Gedung Wanita Sasana Krida Kusuma, Kota Surakarta.

Irene mengaku selama menjalani studi, dirinya berpegang pada prinsip bahwa tujuan utama berkuliah adalah untuk menuntut ilmu sehingga harus fokus kepada proses perkuliahan. Metode belajar yang selama ini diterapkan adalah belajar tidak hanya sekali.

Irene mengaku selalu mengulang mempelajari materi-materi yang diterima sehingga pada saat ujian dirinya sudah benar-benar memahami materi. Rencananya Irene akan melanjutkan studinya dengan mengambil Program Profesi Apoteker di USB Surakarta.

Sementara wisudawan terbaik untuk program Strata II diraih oleh Nurul Aini, S. Farm., M.Farm., yang berasal dari Samarinda Kalimantan Timur, dengan IPK 3,75.

Sementara itu, Rektor USB, Dr Ir Djoni Tarigan, MBA, dalam sambutannya mengungkapkan, sampai saat ini USB sudah meluluskan 14.180 orang alumni yang tersebar di seluruh Indonesia dan berkarya baik di instansi pemerintah, swasta maupun sebagai wirausahawan. Sedangkan jumlah mahasiswa terdaftar di USB pada tahun akademik 2016/2017 sebanyak 2.891 mahasiswa.

Ditambahkan, Universitas maupun Fakultas beserta dosen-dosen, dalam beberapa tahun terakhir telah berusaha berperan aktif dalam berbagai kegiatan, baik di dalam dan di luar negeri. Bulan April 2017, salah satu dosen USB, Dr. Rina Herowati, M.Si, Apt mendapatkan penghargaan sebagai Best Oral Presenter of 2nd International Conference on Pharmacy and Pharmaceutical Science (ICPPS 2017) di Seoul, Korea.

Selain dosen, mahasiswa USB dalam beberapa waktu ini juga memperoleh prestasi yang cukup membanggakan, diantaranya :

Sebanyak 10 proposal Program Kreativitas Mahasiswa-Penelitian Eksakta (PKM-PE) didanai Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), Kemenristekdikti dengan total dana Rp 65.800.000, dan sekaligus menjadikan USB masuk dalam 8 besar PTS di Jawa Tengah.

Tim Mahasiswa S1 Farmasi dengan Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKMP) berjudul “Formulasi Tablet Effervescent Berbahan Baku Ekstrak Kulit Buah Rambutan” (Nephelium lappaceum) sebagai Antioksidan lolos seleksi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional.

Nisa Amila  Rodhiya, Salah satu mahasiswa S1 Farmasi, mengikuti kegiatan International Pharmaceutical Student Federation Student Exchange Program 2016″ tanggal 15 Juli 2016 s/d 12 Agustus 2016 di Kairo Mesir, sekaligus mendapatkan dana dari Direktorat Kemahasiswaan dan Pembelajaran, Kemenristekdikti Rp 5.000.000.

Fauzan Hashifah Permana, Mahasiswa D4 Analis Kesehatan, melakukan presentasi pada Kongres Bio Medik di Groningen University Belanda.

Tim mahasiswa S1 Psikologi memperoleh Juara III Lomba Debat tingkat Nasional di Universitas Kristen Satya Wacana.

Claudhy Fitria Indrawati, mahasiswa S1 Farmasi memperoleh Juara Harapan II Lomba Broadcasting RRI Surakarta.

Dan Purwanti Naviriani, mahasiswa S1 Teknik Industri mendapatkan Juara III Specta Climbing Competition Cup II Kategori U-24 Putri se-Jawa Kalimantan Bali Sumatra dan Juara III Lead Mapala Putri  Lomba Panjat Tebing Regional Jawa, Bali & Sumatera on Himalaya Competition IV tahun 2016.

Pihaknya berharap, dalam komunitas kerjanya nanti, para alumni USB dapat menjadi insan-insan yang ramah dan dermawan dalam berbagi aspirasi dan impian, berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta nilai-nilai kebajikan dan kepedulian; sehingga dapat menjadi insan yang berkontribusi maksimal untuk sesama.(sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar