150 Gerai Ritel di Jakarta Tutup, Diterjang Covid-19

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Akibat diterjang pandemi Covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020, sepanjang 2021 tidak kurang dari150 gerai ritel modern di DKI Jakarta tutup.

“Kami mencatat di Jakarta saja totalnya dari Januari sampai April 2021 sekitar 120 sampai 150 toko yang tutup,” kata Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo)Roy N. Mandey seperri dilansir Antara pada kegiatan vaksinasi di GOR Kemayoran Jakarta Pusat, Rabu (2/6).

Roy menjelaskan, kinerja penjualan dari ritel modern masih belum menunjukkan adanya pemulihan (under performance) selama 12 bulan terakhir. Berdasarkan catatan Aprindo, Indeks Penjualan Riil (IPR) pada tiga bulan terakhir menunjukkan kontraksi, yakni minus 18,1 persen pada Februari, minus 17,1 persen pada Maret dan minus 14,1 pada April 2021.

Namun, meski tidak terlalu signifikan, Roy menilai bahwa saat ini tren penjualan mulai meningkat. Hal itu karena kegiatan vaksinasi yang terus gencar dilakukan, sehingga masyarakat mendapatkan optimisme dalam beraktivitas.

Selain itu, frekuensi belanja di ritel modern meningkat karena dipengaruhi oleh pemberian tunjangan hari raya (THR) yang akhirnya mendorong konsumsi masyarakat untuk berbelanja. (sabar)

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar