17 Tahun Pemkab Humbahas, Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Menggembirakan

DOLOKSANGGUL, (tubasmedia.com) – Peringatan Hari Ulang Tahun ke-17 Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) di  masa pandemi Covid 19 dirayakan secara serentak di seluruh kecamatan dengan live streaming melalui Vidcon  yang disiarkan langsung dari Aula Huta Mas Doloksanggul ke sepuluh Kecamatan, Senin 28/7.

Perayaan HUT itu diawali dengan Rapat Paripurna tentang Perayaan HUT Kabupaten Humbahas dari Gedung DPRD dipimpin Ketua DPRD Humbahas, Ramses Lumbangaol yang  dihadiri Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor dan Wakil Bupati, Saut Parlindungan Simamora serta Forkopimda, OPD, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan juga Jhon Allen Marbun anggota DPR RI. beserta utusan dari golongan masyarakat.

Bupati Humbahas dalam sambutannya menyampaikan ucapan erimakasih setinggi-tingginya kepada Tokoh Masyarakat Tokoh Adat yang telah berjuang memprakarsai hingga  berdirinya Kabupaten Humbahas dan kepada Bupati Humbahas terdahulu yang telah meletakkan fondasi pembangunan yang kokoh hingga Kabupaten Humbahas mampu mensejajarkan diri dengan  daerah yang lain.

Dosmar  menyampaikan bahwa Kabupaten Humbahas telah ditetapkan Pemerintah Pusat sebagai Program Food Estate secara nasional untuk menuju Program Ketahanan Pangan, karena Humbahas  memiliki potensi  pertanian.

Pemerintah Pusat akan bersinergi dengan Pemkab Humbahas dan dunia usaha tentu melalui investor handal dan terkemuka agar program tersebut sukses.

Bupati menghimbau pada saat negeri ini sedang berduka bahkan dunia sedang diuji dengan Pandemi Covid 19 agar seluruh masyarakat tetap patuh dengan arahan pemerintah dengan melaksanakan protokol kesehatan.

Mensyukuri

Di tempat terpisah, Camat Paranginan Parlin Siahaan ST yang secara bersama-sama dengan Kepala UPT Kesehatan dr Henri Tomson Hutasoit dan seluruh Kepala Desa, Kepala Sekolah tingkat SMA, SMP dan SD dan tokoh masyarakat tokoh pemuda se-Kecamatan Paranginan menyaksikan Live Streaming melalui Vidcom mengatakan bahwa masyarakat Humbahas  harus mensyukuri lahirnya Kabupaten Humbahas yang telah berusia 17.

‘’Kita harus membangun daerah ini secara bersama, mungkin diantara kita ada yang ASN setelah Humbahas ada, bahkan saya menjadi Camat adalah karena Humbahas ada,” sebutnya sembari memotong kue ultah.

Pada Keaempatan itu, Delton Siburian warga Desa  Lumban Barat mengatakan bahwa 17 tahun usia Humbahas telah banyak mengalami  perkembangan.

Secara umum dan secara individu katanya, masyarakat sudah  banyak mengalami perkembang mulai tahun 2003 hingga 2020 terutama infra struktur dan lahan pertanian.

Hal senada juga disampaikan Dedy Sinaga Wakil Ketua KNPI Humbahas. Katanya, dari segi kwalitas dan kwantitas masyarakat Humbahas telah mengalami peningkatan bahkan untuk bertani masyarakat sudah pintar manfaatkan waktu dengan marpadot.

Bahkan menurutnya, Pemkab Humbahas telah mampu memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat lebih maju dengan pembangunan infrastruktur serta berbagai bantuan bagi masyarakat seperti pengadaan bibit bawang, jagung dan kopi.

Freddy Togatorop Ketua Karang Taruna Kecamatan Paranginan menyebutkan masyarakat  Humbahas  telah menikmati hasil pertanian melalui program dan bantuan Pemkab melalui Dinas Pertanian dan juga penyediaan traktor bersubsidi.

“Ke depan harapan kami supaya pemerintah lebih meningkatkan pembangunan infrastruktur  terutama jalan pendidikan di Desa Siborutop agar benar sesuai dengan motto Kabupaten Humbahas “Humbahas Hebat” pungkasnya.(edison oppusunggu)

Berita Terkait

Komentar

Komentar