200 Santri Ikuti PPBN

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Santri dan santriwati peserta PPBN Kodim 0613 Ciamis sedang mengikuti outbond

CIAMIS, (Tubas) – Meskipun pelaksanaan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) yang digelar Kodim 0613 Ciamis berlangsung singkat, namun dengan se­lesainya PPBN ini secara formal, para santri telah menerima materi dasar teoritis dan praktis PPBN.

Dandim 0613 Ciamis, Letkol Inf Asep Djunaedi mengatakan itu pada upacara PPBN gelombang pertama 2011 di Pondok Pesantren (Pontren) Ar Risalah, Pamalayan, Cijeungjing Kabupaten Ciamis, Jabar, pekan lalu. “PPBN yang digelar Kodim 0613 Ciamis diikuti 200 santri dan santriwati Ar Risalah” katanya

Menurut Asep, kegiatan PPBN tidak dimaksudkan sebagai ben­tuk militerisasi di lingkun­gan pontren. Kegiatan ini digelar semata­-mata merupakan salah satu upaya meningkatkan pe­mahaman tentang substan­si bela negara kepada selu­ruh warga negara termasuk di dalamnya kalangan santri. “Dalam Pasal 30 UUD 1945 dikatakan seti­ap warga negara berhak dan wajib dalam upaya bela begara” jelasnya.

Pada kesempatan terse­but, Dandim berpesan peserta PPBN agar setiap saat se­nantiasa mempersiapkan diri untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Hal ini tercipta dengan cara ber­sungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, bukan saja ilmu agama tetapi juga berbagai ilmu pengetahuan lainnya guna menyongsong masa depan lebih baik.

Materi yang diberikan kepada para peserta PPBN Kodim 0613 Ciamis ini di antaranya outbond yang meliputi rayap tali naik togle, turun hesty, jembatan tali 2, peak and bal yaitu membawa bola pingpong menggunakan paralon sejauh 25 meter dan bola tidak boleh keluar/jatuh dari paralon. (mamay)

Topik :

Berita Terkait

Komentar

Komentar