2014 Dicanangkan Tahun Tanpa PHK

Laporan: Redaksi

ilustrasi

ilustrasi

JAKARTA, (TubasMedia.Com) – Tahun depan merupakan periode terakhir Rencana Pemerintah Jangka Menengah (RPJM) 2010-2014. Pemerintah pun mencanangkan target ambisius untuk menekan angka penganggur.

Menteri Perindustrian M.S. Hidayat mengatakan, pemerintah akan all-out untuk menjaga iklim usaha di Indonesia agar tetap kondusif. “Kebijakan pemerintah, 2014 adalah tahun tanpa PHK (pemutusan hubungan kerja),” ujarnya tentang Nota Keuangan dan RAPBN 2014, di Jakarta kemarin.

Menurut Hidayat, pemerintah sudah mengidentifikasi beberapa sektor usaha dengan karakter padat karya atau yang banyak menyerap tenaga kerja. Antara lain, tekstil, garmen (pakaian), dan alas kaki. “Di sektor ini jumlah pekerjanya lebih dari lima juta orang,” katanya.

Diakuinya, tahun depan pelaku usaha masih akan menghadapi potensi gejolak perekonomian global. Karena itu, gejolak dari domestik harus bisa diminimalkan. “Untuk industri padat karya, yang paling utama adalah sisi upah tenaga kerja. Ini yang akan coba kita jaga,” ucapnya.

Apa kebijakan yang akan dirilis pemerintah? Menurut mantan ketua umum Kadin ini, pada 2013 banyak pelaku usaha yang sudah menanggung kenaikan upah minimum lebih dari 30 persen. “Dari sisi pelaku usaha, upah naik boleh-boleh saja. Tapi, jangan terlalu tinggi, harus stabil dan ada benchmark (tolok ukur) yang jelas,” ujarnya. (tim)

Topik :

Berita Terkait

Komentar

Komentar