2015, Kemenperin Targetkan Ekspor USD 139 M

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, (Tubas) – Pemerintah mengklaim kinerja ekspor produk Indonesia selama empat tahun terakhir terus mengalami perkembangan yang menggembirakan. Beberapa produk industri utama yang menyokong peningkatan ekspor adalah kelapa sawit, produk olahan sawit dan tekstil dan produk tekstil (TPT).

Direktur Jenderal Kerjasama Industri Internasional Kementerian Perindustrian, Agus Tjahjana mengatakan, pada 2015 nilai ekspor produk Indonesia diperkirakan mencapai USD 129,7 miliar hingga USD 139 miliar. Optimisme ini lahir berdasarkan realisasi ekspor yang terus bertumbuh.

Ekspor produk industri dari awal 2011 hingga April tercatat USD 39 miliar. “Hingga akhir 2011 ekspor produk industri diprediksi bisa mencapai USD 98 miliar,” ujarnya. “Karena itu, dalam upaya meningkatkan ekspor produk industri, kita perlu memfokuskan produk-produk yang memiliki keunggulan bersaing ke negara lain,” tambahnya.

Ada pun negara-negara utama tujuan ekspor dalam periode lima tahun mendatang yaitu Thailand, Malaysia, Filipina, China, Jepang, Korea, Amerika Serikat, Australia, dan Eropa. Pasalnya, negara-negara inilah yang memiliki prospek ekspor Indonesia di tahun 2015 nanti. (sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar