2017, Pemerintah Stop Pengiriman TKI Informal

Loading

tki

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Pemerintah Indonesia akan menghentikan pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) informal ke luar negeri. Rencana tersebut akan dilaksanakan pada tahun 2017.

“Presiden Jokowi ingin menghentikan penempatan TKI (informal) ke luar negeri.Kita memang membuat road map nol PLRT (penata laksana rumah tangga) pada 2017,” kataMenaker  Hanif Dakhiri di Jakarta, Senin (16/2/2015).

Menurut Hanif rencana pemerintah menghentikan pengiriman TKI informal bukan karena alasan pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga itu buruk. Alasan utama nya kebijakan itu karena pemerintah melihat adanya perbedaan budaya beberapa negara yang justru memperlakukan PRT dengan tidak semestinya.”Kita mendorong mengirimkan tenaga kerja yang lebih terlatih dan profesional” katanya.

Penghentian pengiriman TKI informal pada 2017 nanti diperkirakan Hanif akan menimbulkan lonjakan jumlah pengangguran. Pemerintah sedang membuat strategi agar lapangan kerja tercipta seluas-luasnya bagi para angkatan kerja yang menganggur.

“Kita cari solusi bagi pengangguran yang jumlahnya 7,2 juta orang (pengangguran terbuka) dan 34 juta hanya lulusan SMP dan SD” katanya. (siswoyo)

CATEGORIES
TAGS