23 Orang Lagi Korban Longsor Jemblung Belum Ditemukan

191214-nas2

BANJARNEGARA, (tubasmedia.com) – Sebanyak 23 orang lagi korban longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, belum ditemukan.

Menurut data yang dipetik dari laman Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga Kamis (18/12/2014), regu penolong menemukan 85 korban tewas. Sebagian besar korban dapat diindentifikasi.

Bencana longsor itu terjadi sepekan yang lalu, Jumat (12/12) sore. Bupati Banjarnegara mengemukakan, masa tanggap darurat bencana longsor di wilayahnya ditetapkan 8-21 Desember 2014. Sebelum longsor di Desa Jemblung, Pemkab Banjarnegara sudah dalam masa darurat bencana, karena longsor di Kecamatan Wanayasa, Kecamatan Pejawaran dan Kecamatan Sigaluh.

Sementara itu, sidang kabinet terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi, Rabu (17/12) siang, antara lain, membahas mitigasi dan antisipasi bencana hingga April 2015.

Pada sidang kabinet itu, Presiden memerintahkan pemasangan sistem peringatan dini longsor di daerah rawan longsor, khususnya di Banjarnegara. Mengenai dana untuk pemasangan alat peringatan dini, diputuskan dari dana siap pakai di BNPB.

Selain itu, kepada masyarakat hendaknya diberikan sosialisasi dan pendidikan bencana agar mampu mengantisipasinya. (ril/ender)

Berita Terkait

Komentar

Komentar