3.700 Bibit Pohon Ditanam di Gunung Haruman

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

GARUT, (Tubas) – Sekitar 3.700 bibit pohon yang ditanam di Gunung Haruman dan Leutik, Desa Harumansari Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut, dilakukan untuk menjaga jangan sampai terjadi erosi dan hal lain yang tidak diharapkan, tutur Kepala Desa Harumansari, Otang Haerudin, kepada tubasmedia.com di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Hal tersebut dilakukan agar Hutan Haruman dan Gunung Leutik kembali subur, seperti dahulu. Penanaman ini juga bekerja sama dengan pihak Pemerintah Kabupaten dan Provinsi, serta para aktivis lingkungan yang ada di kecamatan dan masyarakat Harumansari.

Penanaman pohon ini sebagai bukti kepedulian pihak pemerintah kabupaten dan Provinsi Jawa Barat cinta terhadap lingkungan. Haerudin mengakui, kegiatan itu juga didukung oleh pihak Kecamatan Kadungora, pegawai Desa Harumansari, dan sebagian warga pun ikut dalam penanaman pohon tersebut.

Dilakukannya penanaman pohon awal tahun 2011 ini, harus betul-betul dapat dikelola dengan baik, jangan sampai setelah ditanam malah dibiarkan begitu saja tanpa ada pengontrolan, dan pengelolaan. Karena, selain mencegah terjadinya erosi, juga sangat besar manfaatnya bagi masyarakat sendiri, katanya.

Adapun pohon yang ditanam di hutan Haruman tersebut di antaranya pohon Jengjen, Kamalina, al-Basiyah, Mahuni dan Jabon. Hal itu berkat adanya kerja sama antara kelompok tani lembaga masyarakat daerah Kutan (LMDH). (sighar)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.