425 Wisudawan Lulusan APP Jakarta Siap Kerja

JAKARTA, (tubasmedia.com) – SDM merupakan salah satu aspek penting dalam mendukung efisiensi logistik. Diharapkan, dengan adanya lulusan-lulusan Politeknik Negeri APP Jakarta ini bisa membantu peningkatan logistik dalam negeri yang tertinggal dari negara lain.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI), Eko S.A Cahyanto di TMII, Jakarta, saat mewisudha 425 wisudawan yang diluluskan Politeknik Negeri APP Jakarta yang berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian,

Selasa (12/11).

Ke-425 wisudawan tersebut sudah siap kerja, bahkan, 35% di antaranya telah bekerja, 8% wirausaha, dan 1% melanjutkan studi.

“Kebetulan APP Jakarta ini kompetensinya di logistik. Logistik ini kan platform dari handling dan delivery-nya produk barang dan jasa di dalam proses produksi maupun distribusi pemasarannya,” kata Eko menambahkan, selain itu, pendidikan vokasi Poktek APP Jakarta ini juga menggodok kemampuan dan keterampilan para mahasiswa, sehingga diharapkan bisa selaras dengan kebutuhan SDM logistik di dalam maupun luar negeri.

“Kami mendorong, semua mahasiswa itu punya sertifikasi internasional. Hal ini dilakukan agar kita bisa berdaya saing global,” tambah Eko.

Meski lulusan Politeknik Negeri APP Jakarta ini belum terserap 100%, Eko mengatakan, terdapat kebijakan masa tunggu selama tiga bulan. Setelah itu, lulusan yang masih belum bisa terserap akan kembali diberikan mentoring selama tiga bulan hingga akhirnya bisa mendapat pekerjaan.

“Bukan hanya di industri, dimana saja mereka bekerja, karena yang logistik kan bukan hanya di industri, di jasa juga. Masa tunggu sampai tiga bulan, kalau mereka masih belum bekerja juga, mereka akan dipanggil ke sekolah untuk mentoring selama tiga bulan ke depan. Jadi dalam waktu enam bulan saya minta semua sudah terserap,” katanya. (sabar)

 

 

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar